Berita Sabu Raijua

Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke Evaluasi Vaksinasi

pihaknya sepakat melakukan vaksinasi serentak ke semua kecamatan mulai hari ini.

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Rosalina Woso
ISTIMEWA
EVALUASI VAKSINASI -Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke memipin rapat evaluasi vaksinasi di wilayahnya, Rabu (8/12/2021). 

POS KUPANG.COM, SABU RAIJUA-- Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus Rihi Heke menggelar rapat evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Aula Kantor Bupati Sabu Raijua,  Rabu 8 Desember 2021.

Rapat evaluasi itu hadiri  Sekda Sabu Raijua,  Septenius M. Bule Logo, S.H M. Hum, Asisten Administrasi Umum yang juga Plt Sekretaris Dinas Kesehatan, Urbanus Rohi  SKM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan merangkap Plt. Asisten 1, para camat dan para kepala desa se- Kabupaten Sabu Raijua.

Sekda Sabu Raijua,  Septenius M Bule Logo sebagai Ketua Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Sabu Raijua dalam sambutannya mengatakan, tidak ada salahnya dilakukan pertemuan karena ada hal-hal baru yang perlu  disepakati bersama - sama  pada hari -hari ke depan sehingga target 80% warga Sabu Raijua bisa tervaksin. 

Dan,  tidak dapat dipungkiri bahwa semuanya berbasis data dan hal tersebut sudah dilakukan oleh  para petugas yang mendata dan ada beberapa strategi untuk mencapai cakupan tersebut.

Baca juga: Meriahkan HUT ke- 13 Sabu Raijua Panitia Gelar Tenis Meja

Plt. Sekertaris Dinas Kesehatan, Urbanus Rohi, SKM mengatakan, terkait perkembangan Covid-19 di Sabu Raijua pada bulan ini sudah mengalami penurunan,  namun belum mencapai 0%. 

Saat ini secara keselurahan sejak 30 November sampai bulan ini 1.438 dengan kasus aktif 7 orang atau 0,5% dengan angka kesembuhan 1.409 orang atau 98% dengan jumlah kematian 1,5% atau 22 orang.

Lanjutnya, angka kematian di Sabu Raijua merupakan angka terendah mengingat secara nasional angka kematian di Sabu Raijua 3% demikian juga dengan angka kesembuhan 98%.

"Kita bersyukur kepada Tuhan walaupun di dalam keterbatasan kita,  tapi jumlah yang sembuh cukup banyak," katanya.

Baca juga: Dekranasda Sabu Raijua Adakan Pelatihan Pembuatan Souvenir Kombinasi Tenun Ikat

Dia mengatakan, perkembangan vaksinasi Covid-19 di Sabu Raijua masih sangat rendah,  dimana dosis satu yang baru tervaksin 28.384 orang atau 44,8%  dan dosis dua 18.982 orang. 

"Secara keseluruhan  jumlah total dosis yang telah kita vaksin 47.366 dosis, dengan rincian sumber daya manusia kesehatan capaiannya 121,4% dosis satu,  sedangkan dosis dua 117,5%,  untuk lansia 22,7% dosis satu dan 10,4% dosis dua, untuk pelayan publik 72,8% dosis satu , sedangkan dosis dua  63,2% dosis dua, masyarakat umum dan rentan 35,3% dosis satu dan 18% dosis dua, remaja 73,3 % dosis satu dan 50.8% dosis dua," kata Urbanus. 

Dengan demikian, kata Urbanus,  dapat dilihat bahwa yang belum mencapai target adalah lansia dan masyarakat umum sedangkan yang lainnya sudah di atas 70%,  termasuk SDM kesehatan telah mencapai 100 lebih %.

Dalam rapat tersebut , para camat dan kepala desa  mengemukakan masalah dan kendala pelaksanaan Covid-19 yang  dihadapi di lapangan kepada Bupati Sabu Raijua,  Drs. Nikodemus N Rihi Heke, M.Si.

Baca juga: Sidang Pemeriksaan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu di Sabu Raijua

 Menurut para camata dan kepala desa, masalah yang dihadapi di setiap kecamatan adalah sama yaitu banyak orang tua/masyarakat  yang melarang anaknya untuk divaksin dan banyak juga yang beralasan sakit.

Bupati Sabu Raijua,  Drs. Nikodemus N Rihi Heke, M.Si bersama semua peserta rapat menyepakati  untuk selama tujuh hari  yaitu  mulai tanggal 10 sampai 17 Desember 2021 dilakukan vaksinasi Covid-19 secara  serentak di seluruh Kecamatan Sabu Raijua dengan menentukan titik- titik terdekat dengan pemukiman masyarakat.

Bupati Nikodemus yang dihubungi, Jumat 10 Desember 2021, mengatakan, pihaknya sepakat melakukan vaksinasi serentak ke semua kecamatan mulai hari ini.

Tujuannya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat penerima vaksin  dengan target sehari 200 dosis.(*)

Berita Sabu Raijua Terkini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved