Breaking News:

Berita NTT

Wisatawan Mancanegara Inginkan Atraksi-atraksi yang Unik Saat Berkunjung ke Destinasi Wisata

Para wisatawan mancanegara selalu menginginkan atraksi-atraksi atau pertunjukan yang unik, khas ketika berkunjung pada suatu destinasi wisata. Atraksi

Penulis: Paul Burin | Editor: Ferry Ndoen
ISTIMEWA/LIGAINDONESIABARU.COM
ALAT MUSIK SASANDO -Permainan alat musik sasando pada kunjungan tamu kapal pesiar di Baun. 

Wisatawan Mancanegara  Inginkan Atraksi-atraksi yang Unik

POS-KUPANG.COM, KUPANG – Para wisatawan mancanegara selalu menginginkan atraksi-atraksi atau pertunjukan yang unik, khas ketika berkunjung pada suatu destinasi wisata. Atraksi ini patut dijelaskan agar wisatawan itu paham.

Marketing Manager PT Ocenia Travel Kupang, Nur Ningsih mengatakan hal ini ketika dihubungi di Kupang, Selasa (30/11). Nur mengatakan, dari pengalaman selama mengelola travel di NTT, ia cukup memahami tipikal wisatawan mancanegara.

Di beberapa titik wisata seperti di Baun, kata pegawai Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Provinsi NTT, ini wisatawan akan diterima secara natoni atau sapaan adat.

Melalui tokoh masyarakat atau tokoh adat setempat menjelaskan makna dari natoni itu. Jika wisatawan paham maka akan menjadi daya tarik baginya. “Setelah kembali ke negerinya mereka akan menceritakan tentang pengalaman-pengalaman di Baun dan daerah lain di NTT,” kata istri dari anggota DPRD NTT, Yohanes Rumat ini.

Kuliner lokal kata dia juga dihidangkan secara higienis,  bukan gelondongan. Penyajiannya juga secara menarik agar menjadi daya pikat atau menarik perhatian.  Intinya jika wisatawan mancanegara sudah senang maka bakal menjadi bekal cerita ketika sudah pulang ke negerinya. Di sana kata dia, ia akan bercerita kepada keluarga atau siapa saja yang ditemui tentang kekuatan pariwisata di NTT.

Namun kata dia, kisah-kisah ini berlangsung sebelum Pandemi Covid-19. Sejak tahun 2020, kata dia, wisatawan mancanegara dan domestik turun drastis. Kini, wisatawan domestik perlahan mulai mendatangi obyek-obyek wisata di NTT.

Sedangkan wisatawan dari luar negeri belum mendatangani daerah ini. Nur berkisah bahwa pada beberapa pekan lalu, PT Oceania Travel Kupang telah menghandel kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Komodo, Manggarai Barat. 

 Para tamu itu yakni ibu-ibu Tim Penggerak PKK dan  Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan dipimpin Wakil Ketua Tim Penggerak PKK dan Wakil Dekranasda setempat. Istri Wakil Gubernur Sumsel ini  bersama rombongan melakukan kunjungan secara pemerintahan kemudian menuju Pulau Komodo. 

Di sana, mereka mendatangi sebuah lokasi wisata yang menjual sovenir. Mereka diterima dengan tarian adat, permainan caci serta  atraksi lainnya. 

Intinya bahwa kunjungan itu bukan semata untuk memberi keuntungan finansial saja kepada travel, namun kepada pedagang kecil di tiap destinasi itu. Sejauh ini kata perempuan asal Borong, Manggarai Timur ini banyak wisatawan yang hendak berkunjung ke beberapa titik destinasi di NTT. Sesuai trend keinginan wisatawan pada travel mart virtual kata dia, Pulau Komodo, Pulau Alor dan  Desa Nelayan Lamalera di Kabupaten Lembata menjadi tempat-tempat yang ingin dikunjungi  wisatawan dalam dan luar negeri. 

Nur juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur NTT, Viktor Laiskodat  melalui instruksi gubernur  yang memberi kelonggaran  untuk melakukan perjalanan  dalam wilayah NTT.

Hal ini sungguh memudahkan wisatawan  yang akan mengunjungi Kupang  dan selanjutnya ke destinasi lain dalam wilayah NTT, seperti Sumba, Alor, Rote, sesuai dengan paket wisata ring of beauty of  East Nusa Tenggara yang dibuat oleh Oceania Travel dengan  memerhatikan protokol kesehatan. 

Nur juga menambahkan bahwa Oceania Travel Kupang saat menjemput wisatawan selalu mengalungkan selendang sekaligus untuk memerkenalkan  keanekaragaman  sovenir  di NTT. Pun memberdayakan usaha kecil  para penenun di NTT. (pol)

Berita NTT Lainnya :

ALAT MUSIK SASANDO -Permainan alat musik sasando pada kunjungan tamu kapal pesiar  di Baun.
ALAT MUSIK SASANDO -Permainan alat musik sasando pada kunjungan tamu kapal pesiar di Baun. (ISTIMEWA/LIGAINDONESIABARU.COM)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved