Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Dinkes Matim Catat 153 Kasus DBD Tahun 2021, 2 Pasien Masih Sedang Dirawat

Update data Kasus demam berdarah dengue ( DBD) di Kabupaten Manggarai Timur kasus terkonfirmasi DBD sebanyak 153 kasus

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, Pranata Kristiani Agas. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG--Update data Kasus demam berdarah dengue ( DBD) di Kabupaten Manggarai Timur periode Januari sampai November Tahun 2021 dimana jumlah kasus terkonfirmasi DBD sebanyak 153 kasus.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, Pranata Kristiani Agas, menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Selasa 23 November 2021.

Ani Agas merincikan dari jumlah 153 kasus DBD itu yakni untuk jenis kelamin laki-laki sebanyak 85 kasus dan jenis kelamin perempuan 68 kasus.

Ani Agas juga menjelaskan sebanyak 153 kasus DBD itu tersebar di wilayah Kecamatan Borong 93 kasus, Kota Komba 37 kasus, Rana Mese 18 kasus dan wilayah Kecamatan Lamba Leda Timur sebanyak 5 kasus.

Adapun dari 153 kasus itu, saat ini 151 orang pasien sudah dinyatakan sembuh, 2 orang pasien yang masuk dalam bulan November 2021 ini sedang menjalani proses perawatan di Puskesmas Borong. Sedangkan kasus meninggal dunia kosong.

Dikatakan Ani Agas, kondisi pasien yang dirawat pada umumnya dengan gejala seperti mual, muntah, demam tinggi, dehidrasi berat, nafsu makan berkurang, pusing, diare, nyeri dan lain-lain. Sehingga dianggap perlu untuk dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang lebih tinggi dalam rangka penegakan diagnosis oleh dokter dan hasil pemeriksaan laboratorium.

Lanjut Ani Agas, peran Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur dalam penanggulangan kasus DBD sejauh ini yakni melakukan sosialisasi dan KIE ke masyarakat di beberapa lokasi endemik DBD. Melakukan kegiatan survey jentik nyamuk oleh tenaga kesehatan di lokasi rawan peningkatan kasus DBD.

Selain itu, melakukan pembekalan berupa pelatihan kader Jumantik dalam rangka penanggulangan DBD dengan program 1 rumah 1 Jumantik. Pembentukan Tim Gugus Tugas Tingkat Kabupaten dalam rangka penanggulangan DBD. Penyediaan logistik dan perlengkapan lainnya dalam pencegahan dan penanggulangan DBD serta melakukan fogging, abatesasi dan PSN. (*)

Baca Berita Manggarai Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved