Breaking News:

Liga 1

Dadang Prediksi Maung Bandung Menang Macan Kemayoran Skor 1-0, Ini Alasan

Pengamat sepak bola yang juga pemain Persib Bandung era 1990-an, Dadang Hidayat, menilai laga Persib vs Persija

Editor: Ferry Ndoen
Tribun Jabar/Deni Denaswara
Bobotoh dalam laga Persib Bandung vs PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (15/3/2020). Tuan rumah menang 2-1. 

POS KUPANG.COM -  Pengamat sepak bola yang juga pemain Persib Bandung era 1990-an, Dadang Hidayat, menilai laga Persib vs Persija di Stadion Manahan Solo, akan terasa berbeda dengan laga el-clasico sebelumnya.

Selain berlangsung di tempat netral, pertandingan Persib vs Persija kali ini juga dipastikan tanpa dihadiri penonton yang selama ini menghangatkan atmosfer pertandingan dari kedua tim tersebut.

"Pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta selalu dinantikan siapa pun, bukan hanya bobotoh dan Jakmania, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia, bahkan stadion juga penuh penonton. Sekarang, tanpa penonton dan di tempat netral. Jadi atmosfer pertandingan sepertinya sedikit berbeda," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Jumat (19/11/2021).

Meski tanpa penonton di stadion, ucap Dadang Hidayat, pertandingan akan tetap berlangsung seru, terlebih persaingan kedua tim telah berlangsung sejak era perserikatan.

Baca juga: Indonesia Masters 2021, Ganda Campuran Merah Putih Relakan Tiket Semifinal Direbut Jepang

Ada gengsi dan motivasi berlipat yang tertanam dalam diri setiap pemain, baik saat berseragam Persib Bandung maupun Persija Jakarta.

"Biasanya siapa pun yang datang dan berseragam tim Persib maupun Persija, begitu mendapatkan kesempatan bertanding di laga el clasico motivasinya berlipat-lipat untuk bisa mengalahkan rivalnya. Makanya, enggak aneh kalau ada pemain yang di beberapa pertandingan sebelumnya main biasa aja, tapi pas main di laga ini jadi begitu emosional," ucapnya.

Meski Persib Bandung secara kertas lebih diunggulkan, karena peringkat klasemen berada di papan atas, tak ada jaminan Maung Bandung akan menang mudah atas Macan Kemayoran.

Terlebih, Persija Jakarta menjanjikan kebangkitan kepada para pendukungnya, dengan menang atas Persib Bandung.

"Meskipun Persib lebih diunggulkan karena ada di papan atas klasemen dan Persija di papan tengah, bukan berarti Persib bisa mudah menaklukkan Persija. Yang namanya el clasico Indonesia akan selalu seru, akan panas setiap pertemuannya," ujar Dadang Hidayat.

Pada pertandingan nanti, ucapnya, Persib Bandung memiliki sedikit beban, karena status sebagai satu-satunya tim yang belum pernah dikalahkan dan Persija memiliki motivasi untuk menjadi tim pertama yang bisa memutus rekor tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved