Breaking News:

Berita Kota Kupang

Tak Sempat Vaksin Massal di Sekolah, Siswi SMPN di Kupang Inisiatif Datang Sendiri ke Puskesmas

Tak Sempat Vaksin Massal di Sekolah, Siswi SMPN di Kupang Inisiatif Datang Sendiri ke Puskesmas

Penulis: Kanis Jehola | Editor: Kanis Jehola
Dok Pribadi Apriana untuk POS-KUPANG.COM
Apriana Palmalia (14) saat menerima vaksin Covid-19 dosis I di Puskesmas Sikumana, Kota Kupang, Selasa, 2 November 2021 

Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kesadaran akan pentingnya vaksinasi kini sudah tumbuh di kalangan remaja. Buktinya, Apriana Palmalia (14), siswa kelas IX SMPN 7 Kolhua Kota Kupang, NTT. Setelah tak ikut vaksin massal di sekolahnya karena sakit, ia berinisiatif mendatangi puskesmas terdekat untuk menerima vaksin Covid-19 dosis I dari tenaga kesehatan.

"Waktu ada vaksinasi massal di sekolah, saya sedang sakit sehingga saya tidak bisa datang menerima vaksin di sekolah. Makanya setelah sembuh dari sakit saya minta kepada orang tua saya agar mengantar saya ke puskesmas untuk divaksin. Setelah konsultasi dengan petugas puskesmas, petugas menyarankan saya divaksin setelah genap tiga bulan sembuh dari sakit," cerita Apriana saat ditemui di sekolahnya, Rabu, 17 November 2021.

Apriana mengatakan, ia mendesak orangtuanya membawanya ke puskesmas untuk divaksin karena ia menyadari vaksinasi itu penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau antibodi.

"Saya juga sering membaca berita di media bahwa vaksinasi itu penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, apalagi saat pandemi Covid-19 ini. Saya tidak mau gara-gara karena belum divaksin kekebalan tubuh saya berkurang," katanya.

Baca juga: Perkembangan Cakupan Vaksinasi di Kota Kupang, 12 November 2021

Apriana mengaku senang karena sudah mendapat vaksin dosis I di Puskesmas Sikumana Kota Kupang awal November 2021.

"Minggu depan ( akhir November 2021) saya ke puskesmas lagi untuk mendapatkan vaksin dosis II," katanya.

Apriana mengajak para siswa seumurannya jangan takut divaksin. Sebab vaksinasi itu sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. "Tidak sakit juga kok. Paling sebentar saja, habis itu hilang. Makanya tidak usah takur," ajaknya.

Menurut data yang disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji,S.STP,M. Si , Senin 15 November 2021, capaian vaksinasi Covid-19 tahap 1 atau dosis 1 di Kota Kupang saat ini mencapai 83.80 persen atau 279.582 orang. Sedangkan vaksinasi dosis 2 sudah pada angka 59.39 persen.

"Jadi vaksinasi dosis 1 di Kota Kupang sudah di angka 279.582 atau 83.80 persen. Sementara vaksinasi dosis 2 sudah 59.39 persen," kata Ernest. (kas)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved