Breaking News:

Laut China Selatan

Kapal Perang Rusia Masuk Laut Jepang Setelah Mengitari Kepulauan dengan Kapal China

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi menyatakan keprihatinannya tentang kegiatan kapal Rusia dan China

Editor: Agustinus Sape
KEMENTERIAN PERTAHANAN /KYODO
Kapal angkatan laut Rusia dan China terlihat di lepas pantai Prefektur Nagasaki Jepang pada hari Sabtu 23 Oktober 2021. 

Kapal Perang Rusia Masuk Laut Jepang Setelah Mengitari Kepulauan dengan Kapal China

POS-KUPANG.COM - Lima kapal Angkatan Laut Rusia memasuki Laut Jepang melalui Selat Tsushima di barat daya negara itu setelah sebelumnya membentuk armada dengan lima kapal China yang telah berlayar di sebagian besar kepulauan Jepang, kata Kementerian Pertahanan, Senin 25 Oktober 2021.

Kementerian sedang menganalisis alasan di balik perkembangan terbaru. Ke-10 kapal Rusia dan China itu diyakini termasuk kapal-kapal yang ikut serta dalam latihan bersama yang dilakukan oleh kedua negara di Laut Jepang pada pertengahan Oktober, menurut kementerian tersebut.

Pasukan Bela Diri Maritim melihat lima kapal angkatan laut Rusia berlayar ke arah timur laut sekitar 140 kilometer barat daya Tsushima, di Prefektur Nagasaki, sekitar pukul 10 malam pada hari Sabtu dan mereka kemudian memasuki Laut Jepang.

Sekitar pukul 10 pagi pada hari Minggu, sebuah helikopter terlihat lepas landas dan mendarat di sebuah fregat, salah satu dari lima kapal Rusia, sekitar 60 km timur laut Tsushima.

Baca juga: Joe Biden Berkomitmen untuk Menghindari Konfrontasi dengan China, Kata Kurt Campbell

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi menyatakan keprihatinannya tentang kegiatan kapal Rusia dan China dalam pertemuan di kementeriannya dengan Menteri Angkatan Laut AS, Carlos Del Toro.

"Situasi keamanan di sekitar Jepang menjadi semakin parah," kata Kishi, saat dia juga menyinggung uji coba rudal balistik yang diluncurkan kapal selam oleh Korea Utara baru-baru ini.

Del Toro mengatakan kepada Kishida bahwa Amerika Serikat ingin memperkuat kerja sama dengan Jepang di ranah maritim. Jepang dan Amerika Serikat adalah sekutu keamanan lama.

Membentuk armada, 10 kapal angkatan laut melewati Selat Tsugaru, yang terletak di antara pulau Honshu dan Hokkaido pada 18 Oktober 2021.

Mereka bergerak ke selatan di Samudra Pasifik dan transit melalui Selat Osumi di lepas pantai Prefektur Kagoshima, sebelum memasuki Laut China Timur.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved