Empat Hak Suara Tidak Berlaku Leo Ungguli Jefry, Ferdi Leu Tegaskan Informasi Itu Tidak Benar

Musda IV Partai Demokrat NTT berjalan lancar, Jefri Riwu Kore dan Leo Lelo ikut fit and proper test di DPP.

Penulis: Gerardus Manyela | Editor: Gerardus Manyela
Pos-Kupang.Com/ISTIMEWA
BUKA MUSDA -Pembukaan Musda IV Partai Demokrat NTT yang ditandai dengan pemukulan gong. 

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM, Gerardus Manyella

POS KUPANG.COM, KUPANG -Musda IV Partai Demokrat NTT berjalan lancar. Musda yang dihadiri Ketua Umum Partai Demokrat AHY dan Sekjend Partai Demorkat, Teuku Riefky Harsya secara virtual, dan dibuka oleh Kepala Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi DPP, Herman Khaeron menetapkan dua calon, yaitu incumbent yang juga Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore (Jeriko) dan Leonardus Lelo (Leo Lelo) anggota DPRD NTT.

Dalam rilis yang diterima Pos Kupang.Com, Sabtu, 16 Oktober 2021, Musda itu dihadiri langsung Wakil Ketua Umum yang juga anggota DPR RI Dapil NTT 1, Benny K Harman, Anita Jacoba Gah dan Jimmy Setiawan. Setelah ditetapkan kedua calon akan mengikuti tahapan fit and proper test yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Kedua calon telah memperebutkan dukungan dari 22 Ketua DPC di NTT dan 1 DPD NTT, sehingga totalnya 23 hak suara. Namun informasi yang didapatkan bahwa ada hak suara yang tidak berlaku karena masanya sudah habis, yakni suara Ketua DPD, suara Plt Ketua DPC Malaka dan suara Plt Ketua DPC Rote Ndao serta suara Plt Ketua DPC Manggarai Timur.

Dengan demikian, suara calon didapatkan Leo Lelo sebanyak 10 suara (Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flotim, dan Lembata). Sementara itu suara Jefri Riwu Kore (Sabu Raijua, Rote Ndao, Kab Kupang, Kota Kupang, TTS, Belu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Alor).

Sekretaris DPD Demokrat, Ferdi Leu yang dihubungi pertelepon, Sabtu, 16 Oktober 2021 menyatakan tidak benar informasi bahwa suara DPD, Plt Malaka, Plt Rote Ndao dan Plt Manggarai Timur tidak sah karena masanya sudah habis.

Menurut Ferdi, saat Musda berlangsung peserta dari Kabupaten Kupang, Winston Rondo meminta supaya hasil verifikasi diumumkan. Dan, Jimmy Setiawan dari DPP mengumumkan bahwa hasil verifikasi Jefri Riwu Kore mengantongi 12 dukungan dan Leo Lelo 11 dukungan. Dukungan itu telah dinyatakan sah oleh DPP.

Menurut Ferdi, jika ada informasi di luar sidang berupa tafsiran- tafsiran itu fakta di luar persidangan. Fakta dalam persidangan Jefri unggul satu suara dari Leo Lelo.

"Pak Jimmy Setiawan mengumumkan secara jelas bahwa hasil verifikasi dukungan pak Jefri 12 suara dan Pak Leo Lelo 11 suara, termasuk suara Ketua DPD, Plt Malaka, Plt Rote Ndao dan Plt Manggarai Timur. Dan ini fakta persidangan yang disampaikan pada Musda hari pertama dan hari kedua paripurna. Saat pleno juga dibahas soal keabsahan Plt dan forum menerima dan menyatakan sah. Hak suara DPD juga sah. Jadi kalau ada informasi yang berkembang lain di luar persidangan itu saya tidak tahu," kata Ferdi.

Musda menghasilkan dan sepakat menetapkan dan menyerahkan Dua Calon yaitu Leo Leo (10 suara) dan Jeffry (9 suara) untuk dilakukan fit and proper test dan selanjutnya ditetapkan sebagai Ketua DPD definitif.

"Kedua calon akan dibawa ke DPP melakukan fit and proper tes. Jadi tunggu saja hasilnya, Musda bersifat rekomendasi, karena kandidat hasil Musda akan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPP oleh Tim Tiga yaitu Ketua Umum, Sekjen dan Ketua BPOKK," kata Herman Khaeron.

Sementara itu Ketua Umum Partai Demokrat AHY berharap Musda bisa berjalan dengan lancar dan menghasilan pimpinan yang mampu berjuang untuk Partai Demorkat. Dia juga mengingatkan siapapun ketua terpilih kedepan agar dapat bersinergi dalam membangun membesarkan Partai Demokrat.

Menurut AHY banyak tantangan yang harus dihadapi kader Partai Demokrat, yakni adanya pengambilan alih Partai Demokrat. Untuk itu para kader diharapkan tidak lengah dan waspada.

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved