Breaking News:

Berita Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu, Diharapkan Tekan Biaya Logistik

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu, Diharapkan Tekan Biaya Logistik

Editor: Kanis Jehola
Dok. Humas NTT
Presiden Jokowi (kedua kiri) saat meresmikan pelabuhan Wae Kelambu 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Presiden RI, Joko Widodo meresmikan penggabungan PT. Pelindo I, II, III dan IV menjadi PT Pelabuhan Indonesia sekaligus meresmikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat Provinsi NTT, Kamis 14 Oktober 2021.

Peresmian Terminal Multipurpose Wae Kelambu tersebut dalam rangka mewujudkan Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Kegiatan tersebut dilakukan dengan Protokol Kesehatan yang ketat.

Presiden Jokowi menyampaikan, biaya logistik Indonesia saat ini masih sangat tertinggal dibanding negara tetangga sehingga pembangunan infrastruktur sendiri untuk menekan biaya logistik dan barang-barang dari Indonesia bisa bersaing dengan negara lain

Menurutnya, biaya logistik dalam negeri dibanding negara tetangga, masih sangat tertinggal. Biaya logistik di negara lain di angka 12% sedangkan dalam negeri masih 23%, artinya ada yang tidak efisien.

Baca juga: Jokowi Terkejut Saat Tinjau Terminal Wae Kelambu Manggarai Barat: Lebih Besar dari yang Dibayangkan

"Maka dari itu perlu dibangun infrastruktur baik itu jalan maupun pelabuhan agar produk kita atau barang-barang kita bisa bersaing dengan produk-produk dari negara lain," jelas Presiden Jokowi.

Joko Widodo menyebut, penggabungan PT. Pelindo hari ini diharapkan dapat menekan biaya logistik sehingga dapat bersaing dengan negara lain dan diharapkan produk-produk Indonesia bisa menjelajah ke seluruh dunia.

"Hari ini sudah terjadi penggabungan pelindo menjadi PT. Pelabuhan Indonesia. Diharapkan dari penggabungan ini adalah biaya logistik kita bisa bersaing dengan negara lain. Artinya daya saing logistik kita, dan mencari patner yang memiliki jaringan yang luas sehingga terkoneksi dengan negara lain dan produk dari Indonesia bisa menjelajah ke seluruh dunia," tegas Mantan Walikota Solo

Presiden Jokowi mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Menteri BUMN beserta jajaran dan beliau berharap kedepannya langkah-langkah seperti ini diikuti oleh perusahaan-perusahaan BUMN yang lain

Dia menyebut, PT. Pelabuhan Indonesia akan menjadi sebuah kekuatan besar. Diharapkan kedepanperusahaan BUMN lainnya akan mengikuti.

Baca juga: Penggabungan PT Pelindo, Jokowi Tunggu 7 Tahun

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved