Berita Rote Ndao

PN Rote Ndao Gelar Coffee Morning

Pengadilan Negeri Kelas II Rote Ndao ( PN Rote Ndao) menggelar coffee morning bersama jajaran mitra penegak hukum

Penulis: Paul Burin | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
DISKUSI - Para peserta diskusi foto bersama usai coffe morning di PN Rote Ndao, Rabu, 13 Oktober 2021. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pengadilan Negeri Kelas II Rote Ndao ( PN Rote Ndao) menggelar coffee morning bersama jajaran mitra penegak hukum dan para pengguna layanan di halaman tengah kantor pengadilan setempat, Rabu, 13 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut diikuti Ketua PN Kelas II Rote Ndao, Beauty DE Simatauw; Kapolres Rote Ndao, AKBP Felli Hermanto; Kajari Rote Ndao, I Wayan Wiradarma; Kalapas Kelas III Ba'a, Daniel Saekoko; Kepala Bank NTT Kantor Cabang (KC) Rote Ndao, Sender Dewa Lele; Perwakilan LBH Surya NTT, Adimusa Busimon Zacharias; dan para hakim PN Rote Ndao masing-masing Aditya Nurcahyadi Putra, Marlene F Magdalena, Dimas Indra Swadana, Fikrinur Setyansyah, Mohammad Rizal Al Rasyid, Soleman D Tamaela dan Panitera Yansye Margaritha Adoe.

Beauty Simatauw pada kesempatan tersebut menjelaskan, coffee morning ini bertujuan memerkenalkan dan menyosialisasikan layanan-layanan yang ada bagi para pengguna layanan yang sering menggunakan jenis pelayanan yang tersedia di Pengadilan Negeri Kelas II Rote Ndao.

Selain itu, kata Beauty Simatauw, dalam rangka keterbukaan informasi publik, maka perlu juga disampaikan pengelolaan keuangan, di mana pada Tahun Anggaran 2020 PN Rote Ndao menerima 2 DIPA. DIPA 01 sebesar Rp 3.701.683.000 yang penyerapannya 95,29 persen setara dengan Rp 3.527.219.930. Sementara DIPA 02 sebesar Rp 78.800.000 terserap sebesar 96,80 persen atau setara Rp 76.273.800.

Baca juga: Kepala BNN Rote Ndao Dorong Pembentukan Saka Ke-12 Pramuka, Saka Antinarkoba

Terkait perkara yang masuk dan sudah ditangani PN Rote Ndao, jelas Beauty, selama tahun 2020 terdapat 958 perkara termasuk tilang. Untuk pidana 65 perkara, perdata 41 perkara.

Aplikasi SiMaTau

Ia menjelaskan, khusus terkait layanan PN Rote Ndao dalam rangka Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), selain penerapan disiplin jam kerja dan Layanan Terpadu Satu Pintu setiap hari kerja (Senin s/d Jumat), juga ada sejumlah inovasi dalam memudahkan masyarakat mendapat pelayanan, di antaranya:

1. Aplikasi SiMaTau melalui nomor hand phone 081324245601. Merupakan aplikasi chat boot/mesin penjawab otomatis yang mengakomodir pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat pencari keadilan, terkait layanan standar dan informasi peradilan pada Pengadilan Negeri Rote Ndao melaui aplikasi whatsapp, telegram dan media sosial instagram. Meliputi layanan informasi perdata, pidana, informasi pengaduan yang terhubung dengan Siwas-Mari, informasi tanya jawab lainnya dan informasi denda tilang.

Baca juga: Pelaku Percobaan Pemerkosaan Dokter di Rote Ndao Diancam Hukuman 9 Tahun Penjara

"Hanya dengan gawai di genggaman Pengadilan Negeri Rote Ndao siap nenjawab pertanyaan masyarakat pencari keadilan," katanya.

2. Call Center Pelayanan melalui nomor 082236308085. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan terkait pelayanan pengadilan melalui call center pelayanan, yang melayani sesuai jam layanan.

3. Poliklinik Pengadilan Negeri Rote Ndao yang merupakan kerja sama dengan Pemkab Rote Ndao, mempersembahkan pelayanan kesehatan gratis, dengan pelayanan dari dokter umum, bagi segenap pengunjung Pengadilan Negeri Rote Ndao dan seluruh pegawai serta hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Rote Ndao.

4. Pos bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu untuk memperoleh informasi bantuan hukum dan konsultasi huku melalui Pos Bantuan Hukum di Pengadilan Negeri Rote Ndao.
Jenis Layanan Posbakum di antaranya pemberian informasi, konsultasi atau advis hukum, bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, penyediaan informasi daftar Organisasi Bantuan Hukum sebagaimana dimaksud dalam UU No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum atau organisasi bantuan hukum atau advokat lainnya yang dapat memberikan bantuan hukum cuma-cuma.

5. Fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, seperti penyediaan brosur Informasi Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas dengan menggunakan huruf braile, Layanan Informasi Audio, Kursi Roda, Toilet khusus bagi penyandang disabilitas, serta pendamping khusus bagi saksi penyandang disabilitas.

6. Website Pengadilan Negeri Rote Ndao (https://pn-rotendao.go.id/), di mana masyarakat dapat mengakses informasi pelayanan pengadilan website pengadilan negeri Rote Ndao, di antaranya informasi Denda Tilang, Jadwal Sidang, Prosedur Pengajuan Perkara, Biaya Perkara Perdata.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved