Breaking News:

Berita Nasional

Ahok Bongkar Ada Masalah Pembangunan Kilang RDMP Pertamina Balikpapan

Ahok Bongkar Ada Masalah Pembangunan Kilang RDMP Pertamina Balikpapan. Ahok merupakan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Editor: Gordy Donofan
Tribun Batam
Ahok 

POS-KUPANG.COM – Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih sangat populer hingga saat ini.

Ahok  kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Beberapa waktu lalu, Ahok membongkar adanya masalah dalam pembangunan kilang RDMP Pertamina Balikpapan melalui media sosialnya, Senin 27 September 2021 lalu.

"Diingatkan agar kontraktor segera menyelesaikan proyek dengan kualitas terbaik serta tanpa tambahan biaya yang bisa merugikan Pertamina, maupun nilai keekonomian proyek ke depannya. Kita mau proyek ini selesai dengan segala konsekuensinya, tetapi harus tetap sesuai aturan dan asas keadilan," tulis Ahok.

Pernyataan keras Ahok ini mendapat tanggapan dari Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman.

Baca juga: Era Ahok Digusur, Era Anies Baswedan Bangun Hunian Bagi Warga Bukit Duri, Anies: Insya Allah

Ia menilai bahwa komentar Ahok tersebut mengindikasikan terdapat masalah dalam pelaksanaan pembangunan Kilang RDMP Pertamina Balikpapan.

Pesan Ahok itu menurut Yusri sangat tegas. Pertama, agar konsorsium kontraktor EPC menyelesaikan pembangunan dengan kualitas yang ditentukan. Kedua, harus sesuai target. Proyek kilang RDMP harus selesai pada tahun 2024, meskipun perencanaan awal akan beroperasi pada tahun 2023. Ahok ingin proyek ini selesai dengan segala konsekuensinya, tapi harus tetap sesuai aturan dan asas keadilan.

"Pesan ketiga Ahok secara tegas melarang adanya biaya yang bisa merugikan Pertamina dan nilai keekonomian proyek ke depannya. Kekhawatiran ini didasari fakta dimana saat ini telah terjadi peningkatan nilai capital expenditure (capex) cukup signifikan," bebernya, Senin (4/10/2021)

Dirinya menduga, pernyataan keras Ahok itu dilandasi temuan terbaru dari lembaga pemeriksa BPKP yang baru selesai melakukan audit terhadap proyek RDMP Balikpapan.

Proses audit BPKP dimulai sekitar awal Maret 2021, pada pertengahan Juni 2021 ada tiga konsorsium yang pernah ikut tender kilang RDMP Balikapapan diundang resmi oleh pemeriksa BPKP untuk klarifikasi, kata Yusri berdasarkan informasi pejabat kilang Pertamina.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved