Breaking News:

Laut China Selatan

Pelaut Terluka Setelah Kapal Selam Nuklir AS Menabrak Objek Tak Dikenal di Laut China Selatan

Pejabat Angkatan Laut mengatakan dua pelaut menderita luka sedang dan sembilan luka ringan - tetapi pernyataan resmi menekankan tak ada korban jiwa.

Editor: Agustinus Sape
news.sky.com
USS Connecticut adalah kapal selam serang cepat kelas Seawolf. 

Pelaut Terluka Setelah Kapal Selam Nuklir AS Menabrak Objek Tak Dikenal di Laut China Selatan

Pejabat Angkatan Laut mengatakan dua pelaut menderita luka sedang dan sembilan luka ringan - tetapi sebuah pernyataan resmi menekankan tidak ada yang mengancam jiwa.

POS-KUPANG.COM - Sebuah kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) menabrak objek tak dikenal di Laut China Selatan dengan 11 pelaut menderita luka ringan, menurut para pejabat.

USS Connecticut berada dalam "kondisi aman dan stabil" setelah insiden pada 2 Oktober, kata sebuah pernyataan oleh Armada Pasifik AS.

Kapal selam serang kelas Seawolf bertenaga nuklir tetapi armada mengatakan sistem propulsinya tidak terpengaruh dan "beroperasi penuh".

Dua pejabat Angkatan Laut, yang berbicara secara anonim kepada kantor berita AP, mengatakan tidak jelas apa yang menabrak kapal selam itu, tetapi itu bukan kapal selam lain.

Seseorang mengatakan itu mungkin kapal yang tenggelam, kontainer atau benda lain yang belum dipetakan.

Baca juga: Tentara AS Diam-diam Ditempatkan di Taiwan Melatih Pasukan untuk Bertahan Melawan China

Lokasi pasti tabrakan tidak disebutkan dalam pernyataan resmi Armada Pasifik, yang mengatakan itu terjadi saat tenggelam di "perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik".

"Keselamatan awak tetap menjadi prioritas utama Angkatan Laut. Tidak ada cedera yang mengancam jiwa," kata pernyataan itu.

"Tingkat kerusakan sisa kapal selam sedang dinilai. Angkatan Laut AS belum meminta bantuan. Insiden itu akan diselidiki," tambahnya.

Para pejabat Angkatan Laut mengatakan dua pelaut menderita luka sedang dan sembilan luka ringan, seperti memar dan goresan.

Baca juga: Kapal Induk Inggris Memimpin Armada Internasional ke Perairan yang Diklaim China

Mereka mengatakan kapal selam itu menuju pelabuhan di Guam setelah insiden itu, dan tidak diumumkan lebih awal untuk menjaga keamanan operasional.

Sumber: news.sky.com

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved