BTS

Beredar Kabar Pemerintah Korsel Tak Tanggung Biaya Perjalanan BTS ke PBB, Ini Faktanya

Beredar Kabar Pemerintah Korsel Tak Tanggung Biaya Perjalanan BTS ke PBB, Ini Faktanya

Editor: Eflin Rote
BTS dan Presiden Moon Jae In (Chosun)
Ikut Sidang Umum PBB ke-76, BTS Bertemu Presiden Moon Jae In, RM cs Dapat Paspor Diplomatik 

POS-KUPANG.COM - Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan mengklarifikasi berita yang menyebut pemerintah Negeri Ginseng tidak menanggung biaya perjalanan BTS saat menjadi utusan khusus ke New York, AS.

Seperti diketahui, BTS menjadi utusan khusus dari Presiden Moon Jae In untuk menjadi pembicara di Sidang Majelis Umum PBB ke-76 tanggal 21 September lalu.

Kamis (30/9/2021), media setempat, Chosunilbo melaporkan, pemerintah tidak menanggung biaya untuk BTS termasuk biaya perjalanan, penginapan, dan makanan untuk perjalanan mereka ke New York.

Diberitakan bahwa BTS menemani Presiden Moon Jae In, Ibu Negara Kim Jung Sook, dan Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Hwang Hee selama tiga hari di New York tanpa menerima tunjangan perjalanan atau biaya khusus.

Baca juga: Daebak, BTS Menang Lima Kategori pada Meus Premios Nick Awards 2021 di Brasil

Menyusul berita tersebut, sumber dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata memberikan klarifikasi kepada media Newsen.

“Setelah memeriksa, kami menemukan bahwa pemerintah menanggung sebagian biaya perjalanan bisnis BTS," tutur sumber anonim itu, dilansir dari Soompi, Kamis.

Sumber itu juga menegaskan berita itu tidak benar.

“Berita yang mengatakan bahwa pengeluaran tidak ditanggung sama sekali adalah tidak benar," ujar sang sumber.

Baca juga: BTS Berhasil Menangkan Lima Kategori di Acara Meus Premios Nick Awards 2021, Apa Saja ya Para Army?

Pihak istana kepresidenan (The Blue House) turut angkat bicara tentang laporan tersebut dengan berkata telah melunasi biaya setelah perjalanan dilakukan.

"Pemerintah dan agensi telah sepakat sebelumnya untuk menyelesaikan sebagian dari biaya perjalanan dan penginapan utusan BTS, yang bergabung dengan kami dalam kunjungan kami (ke New York). Selain itu, The Blue House sangat berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh para utusan," kata seorang sumber berbagi informasi.

Media No Cut News menjelaskan, PBB telah mengundang BTS sebagai entitas yang terpisah dari pemerintah.

Maka itu, hanya sebagian biaya terkait aktivitas BTS dengan Presiden Moon Jae In dan Ibu Negara Kim Jung Sook yang ditanggung pemerintah.

BERITA BTS LAINNYA

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Korsel Klarifikasi Kabar Tak Tanggung Biaya Perjalanan BTS ke PBB"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved