Breaking News:

Berita Malaka

Bupati Malaka Beberkan Strategi Pemulihan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

memfokuskan diri pada analisa SWOT sehubungan dengan apa yang dialami Pemerintah Kabupaten Malaka.

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
Dok. Dinas Kominfo Malaka.
Bupati Malaka, Simon Nahak saat diterima para mahasiswi Universitas Timor di TTU dengan tarian Bidu, Sabtu 25 September 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM,  BETUN--Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH menjadi salah satu narasumber seminar nasional di bawah judul Strategi Peningkatan Daya Saing Daerah Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi yang diselenggarakan Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Timor.

Dalam seminar sehari itu, Bupati Malaka membeberkan strategi pemulihan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 yang berpijak pada 3 nilai dasar hukum yakni keadilan, pemanfaatan dan kepastian hukum. 

Bupati Malaka, Simon Nahak  yang didaulat sebagai pembicara utama pada seminar, Sabtu 25 September 2021 mengupas tuntas strategi yang dijalankan pemerintah daerah untuk pemulihan ekonomi. 

"Intinya kita mengajak masyarakat umum atau publik untuk memahami peranan pemerintah dalam memulihkan ekonomi di masa pandemi ini, sehingga masyarakat keluar dari kemelut yang sekarang mendera," kata Bupati SN. 

Hal lain adalah menurut Dosen Hukum Universitas Warmadewa Bali ini, dalam menghadapi situasi pandemi ini harus ada strategi khusus, membutuhkan kekuatan handal dari berbagai elemen dan taktik yang matang sehingga bisa mengatasinya dengan baik, karena ada kontraksi ekonomi yang cukup signifikan.

Baca juga: Polsek Malaka Tengah : Amankan Instruksi Kemendagri Tentang PPKM Level 2

"Memang kita butuh strategi khusus yang melibatkan banyak pihak, agar pemulihan ekonomi yang diinginkan masyarakat segera terwujud," ungkapnya. 

Staf Ahli Gubernur Bali ini memaparkan dalam materinya sambil mengutip Teori Hukum Internasional yang berubah atau bergeser dari transaksi verbal atau langsung dengan transaksi online, yang memungkinkan setiap pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan ekonominya secara daring. 

"Oleh karena itu perlu ada kiat-kiat khusus dengan membutuhkan strategi yang tepat dalam memulihkan ekonomi bangsa yang sedang turun drastis di masa pandemi ini," tandas Bupati Malaka, Simon Nahak.

Ahli Hukum Pidana Perpajakan ini pun dalam materinya menyentil juga kolaborasi Das Sein dan Das Sollen dalam ekonomi yang berpijak pada 3 nilai dasar hukum yakni keadilan, pemanfaatan dan kepastian hukum. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved