Breaking News:

Berita NTT

Wagub Josef : Pembangunan Tanpa Riset Tidak Memiliki Makna yang Mendalam 

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur ( Wagub NTT), Josef Nae Soi mengatakan, pembangunan tanpa riset tidak memiliki makna yang mendalam

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/MICHAELLA UZURASI
Pelantikan Rektor Unwira Periode 2021-2025 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur ( Wagub NTT), Josef Nae Soi mengatakan, pembangunan tanpa riset tidak memiliki makna yang mendalam.

Hal ini diungkapkannya saat membawakan sambutan dalam acara pelantikan Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Jumat, 24 September 2021.

"Oleh sebab itu saya mewakili pemerintah NTT, kami harus memberikan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada perguruan tinggi yang ada di NTT karena perguruan tinggi lah yang akan memberikan ilmu bagi kami dengan penelitian - penelitian yang sangat luar biasa sehingga kami menjadikan dasar dalam peletakan batu pertama untuk membangun NTT," kata Wagub Josef.

Lanjut dia, dunia pendidikan saat ini sudah berubah sehingga meminjam istilah seorang filsuf budayawan romawi, Wagub Nae Soi mengatakan, waktu sudah berubah kita harus berubah didalamnya.

Baca juga: Sambut Dies Natalis Ke-39, Unwira Kupang Gelar Bakso Kemanusiaan

"Mau atau tidak mau suka atau tidak suka pemerintah harus bisa berkolaborasi, harus bisa bekerjasama dengan dunia pendidikan yang memiliki kelebihan - kelebihan didalamnya khususnya dalam penelitian," katanya.

Lanjut dia, perguruan tinggi adalah tempat mencari akar dari permasalahan sehingga Wagub Josef mengucapkan terimay kepada perguruan tinggi karena sudah mencetak manusia - manusia NTT yang telah memberikan kontribusi bagi pembangunan di NTT.

"Di perguruan tinggi saya kira tanpa kepemimpinan tidak bisa menghasilkan orang - orang yang hebat. Oleh sebab itu kepemimpinan sangat perlu. Pada hari ini kita melihat sangat istimewa. Seorang yang dulu menjadi murid bisa melantik gurunya. Ini luar bisa. Ini menunjukkan bahwa guru yang sekarang menjadi Rektor yang bukan hanya sebagai seorang guru tapi dia adalah seorang pendidik. Seorang pedagog yang mengantarkan anak didiknya sampai menjadi Ketua Yayasan. Saya kira ini contoh yang sangat langka dan sangat luar biasa," ungkapnya.

Baca juga: Pater Philipus: Jika Dalam Empat Tahun Kedepan Tidak Ada Profesor, Saya Minta Mundur

"Substansi hari ini bukan hanya pelantikan Rektor tapi hari ini memberikan makna yang sangat luar biasa. Bahwa makna pendidikan itu tidak hanya sekedar mendidik orang jadi pintar tetapi memberikan generasi muda supaya mereka bisa lebih hebat daripada generasi - generasi sebelumnya," tandasnya.(*)

Baca Berita NTT Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved