Breaking News:

Berita NTT

Andre Koreh Terima Kasih kepada Pemda NTT yang Sudah Meringankan Tugas KONI NTT

Andre Koreh Berterima Kasih kepada Pemda NTT yang Sudah Meringankan Tugas KONI NTT

Penulis: Putra | Editor: Kanis Jehola
POS KUPANG.COM/Ambuga Lamawuran
Ketua KONI NTT, Dr. Ir. Andre W Koreh, MT 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) Andre Koreh berterima kasih kepada Pemda NTT yang sudah meringankan tugas KONI di PON XX Papua.

“Saya berterima kasih kepada Pemda NTT karena sudah membantu KONI NTT melaksanakan sebagian tugas KONI di PON. Berbagai hal yang berkaitan dengan keberangkatan sudah dikelola Pemda NTT. Apalagi selama ini KONI memang hanya mengurus yang berkaitan dengan peningkatan prestasi, sehingga diambilalihnya pengurusan keberangkatan ke Papua, atribut , transportasi dan lain-lain oleh Pemda adalah hal yang meringankan KONI NTT,” kata Andre dalam keterangannya di Kupang, Jumat 17 September 2021.

Andre Koreh mengatakan, mengingat penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) sesuai UU dan PP adalah KONI dan PB PON, maka di arena PON Papua, semuanya akan tetap dalam kendali KONI Pusat , PB PON dan KONIDA.

“Jadi ini juga bagian dari meringankan beban KONI menghadapi PON karena yang utama di PON itu adalah pertandingan dan prestasi atlet. Kita siap dukung atlet kita di arena PON ini,” kata Andre Koreh.

Baca juga: KONI NTT Target 10 Emas di PON Papua 2021

Andre Koreh memohon dukungan doa dari seluruh rakyat NTT agar prestasi atlet NTT di PON kali ini bisa lebih baik dari event serupa sebelumnya.

“PON Papua ini adalah PON perjuangan. Jadi bisa saja banyak kekurangan di sana sini, baik di arena pertandingan maupun di tempat penginapan. Maka KONI NTT dan seluruh peserta PON XX/2021 telah bersepakat untuk menjadi bagian dari solusi. Dengan demikian plus minus yang terjadi di PON XX/2021. adalah menjadi milik peserta PON Papua. Salam sehat dan salam olahraga,” kata Andre.

UU Sistem Keolahragaan Nasional

Pada kesempatan ini Andre Koreh menjelaskan mengenai tanggung jawab penyelenggaraan PON sesuai ketentuan UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN).

Andre menyebut pasal 46 Ayat 2 UU tersebut yang berbunyi, “Pemerintah bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan menugasi komite olahraga nasional selaku penyelengara.”

Baca juga: NEWS ANALISIS Dr Andre Koreh Ketua KONI NTT: Mengerti Manajemen

Aturan berikutnya, lanjut Andre Koreh, tertuang dalam PP 16 /2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, pasal 56 (1): Pengurus komite olahraga nasional, komite olahraga provinsi dan komite olahraga kabupaten/kota bersifat mandiri dan tidak terikat dengan kegiatan jabatan struktural dan jabatan politik.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved