Breaking News:

Berita Kupang

Pemprov NTT Gandeng Pemkab Kupang Gelar Kegiatan SP4N-Lapor

Pemerintah Provinsi NTT ( Pemprov NTT) menggandeng Pemerintah Kabupaten Kupang ( Pemkab Kupang) menggelar kegiatan SP4N-Lapor

Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola
Dok. Humas Setda Kupang
Sekda Kupang, Obet Laha ketika membuka kegiatan SP4N-Lapor di Kantor bupati Kupang, Rabu (15/9/2021). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, KUPANG--Pemerintah Provinsi NTT ( Pemprov NTT) menggandeng Pemerintah Kabupaten Kupang ( Pemkab Kupang) menggelar kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ( SP4N-Lapor).

Dalam rilis berita Humas Setda Kupang yang dikirim ke Pos-Kupang, Rabu 15 September 2021 disebutkan bahwa kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Sekda Obet Laha.

Dihadiri Asisten Administrasi Umum Novita Funay, Kabag Organisasi Titus Samuel Tinenty, Kasubag Pelayan Publik Biro Organisasi Prov. NTT Siman Halisi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 15 - 16 September 2021 ini, bertujuan untuk memberi pendampingan bagi para pejabat penghubung dalam memberi pemahaman dan aspirasi masyarakat melalui SP4N-Lapor yang transparan dan partisitipatif sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Warga Amarasi Gembira atas Kehadiran SPBU, Owner PT BSCA Jempol Pemkab Kupang

Sekda Obet Laha dalam sambutannya menjelaskan dalam rangka memberikan pelayanan terhadap pengaduan dan aspirasi masyarakat, maka Pemerintah berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 680 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, telah menetapkan SP4N-Lapor sebagai aplikasi berbasis web yang diperuntukkan bagi pemerintah dalam memberikan pelayanan atas pengaduan dan aspirasi masyarakat.

Perlu diketahui bahwa sistem SP4N-Lapor terhubung secara langsung dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Kantor Staf Kepresidenan dan memperoleh pengawasan secara ketat oleh Ombudsman Republik Indonesia.

Dengan demikian, aplikasi ini sangat penting dan akan sangat berpengaruh pada ukuran kinerja Pemda apabila pengaduan atau aspirasi yang disampaikan masyarakat tidak segera ditangani.

Beliau menegaskan kepada para peserta sosialisasi khususnya para pejabat penghubung yang ada pada masing-masing perangkat daerah agar bisa memahami substansi dari setiap pengaduan dan aspirasi yang disampaikan.

Baca juga: Pemkab Kupang Sudah Bersusah Payah, Para Pihak Diimbau Jangan Mencela

Serta memberi tanggapan atau jawaban dengan kalimat yang sesuai serta bukti yang mendukung sehingga pelayanan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat melaluu media SP4N-Lapor ini.

Bagi para administrator pengelola SP4N , Obet juga menghimbau agar setelah kegiatan ini , segera membentuk sekretariat pengelolaan SP4N-Lapor yang berfungsi melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan SP4N -Lapor di Kabupaten Kupang secara berkala untuk dilaporkan ke Instansi Pemerintah terkait.

Atas nama Pemkab Kupang, Sekda Obet menyampaikan terima kasih kepada Pemprov NTT yang diwakili oleh Pejabat dari Biro Organisasi atas segala dukungan yang telah diberikan dalam mengoptimalkan penyelenggaraan SP4N-Lapor di Kab. Kupang.

Harapan Obet, kiranya sosialisasi ini harus dimaknai secara baik bagi semua peserta sebagai panggilan untuk bagaimana memberi pelayanan publik yang transparan, akuntabilitas dan partisipatif bagi masyarakat di kab. Kupang.

"Tidak semua orang berkesempatan menjadi administrator agar bertanggungjawab dalam menerima dan memberikan informasi kepada setiap orang yang membutuhkan demi mewujudkan Kab. Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera," pungkas Obet.(*)

Baca Berita Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved