Breaking News:

Berita Kota Kupang

Hari Ini Vaksin Bagi Remaja di Kota Kupang Mulai Dilaksanakan, Ini Penjelasannya

Hari ini vaksinasi bagi pelajar atau remaja di Kota Kupang mulai dilakukan dinas kesehatan (Dinkes). Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi capaian vak

Editor: Ferry Ndoen
foto: Irfan Hoi/ 
Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Tiurmasari E Saragih 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Hari ini vaksinasi bagi pelajar atau remaja di Kota Kupang mulai dilakukan dinas kesehatan (Dinkes). Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi capaian vaksinasi, juga jelang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PMT).

Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Tiurmasari E Saragih, mengatakan, kegiatan ini disesuaikan dengan kesiapan di sekolah.

"Jadi dalam hal ini, penjelasan serentaknya itu disesuaikan dengan kesiapan kepala sekolah, kapan mereka bisa laksanan vaksinasi," katanya, Minggu 12 September 2021 malam.

Tiurmasari menegaskan kesiapan sekolah harus disesuaikan juga dengan jangka waktu yang ditentukan Dinkes Kota Kupang atau paling lambat dua pekan kedepan.

Baca juga: Rencana Pelantikan Bupati Lembata dan Sabu Raijua Masih Dinamis

Dalam pelaksanaan, jika jumlah siswa diatas 300 an orang, pihak puskesmas akan berotong royong untuk menyelesaikannya dalam sehari. Sementara bagi jumlah siswa dibawa 300, puskesmas akan melakukan secara mandiri.

Tiap puskesmas memiliki jadwal pelaksanaan vaksinasi tersendiri dan sekolah-sekolah akan didata dan mengikuti vaksinasi sesuai dengan wilayah kerja dari puskesmas yang bersangkutan.

"Kalau diatas 300 maka puskesmas melapor ke Dinkes, tapi kalau dibawa 300 maka puskesmas melakukan secara mandiri," kata Tiurmasari.

Puskesmas akan melakukan koordinasi ke sekolah yang menjadi wilayah kerjanya. Secara nasional, sasaran penerima vaksin bagi remaja di Kota Kupang, sebanyak 40.118 sasaran.

Ia menyebut, selain pelajar, anak usia remaja yang tidak bersekolah diperbolehkan untuk mendapat layanan vaksinasi di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Persyaratan ke faskes bagi remaja yang tidak bersekolah, kata Tiurmasari, cukup membawa foto copy kartu keluarga atau kartu identitas anak. Ia mengimbau semua masyarakat untuk tetap mendatangi faskes agar diberikan layanan vaksinasi.

"Jangan takut untuk divaksin. Dengan vaksin kita diberikan kekebalan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ketika berpapasan dengan siapapun," jelas Tiurmasari.

Vaksinasi bagi pelajar, menurutnya juga telah dilakukan secara massal pada beberapa waktu sebelumnya. Namun secara program, baru dilaksanakan hari ini. (*)

Berita Kota Lainnya:

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved