Breaking News:

PON XX 2021 di Papua

Pemprov NTT Cairkan Dana PON. Wagub NTT Jadi Chief de Mission

Sesuai rencana, Jumat (3/9), dana bagi cabang olahraga peserta PON XX 2021 di Papua akan resmi dicairkan oleh Pemprov NTT.

Penulis: Sipri Seko | Editor: Sipri Seko
POS KUPANG/SIPRI SEKO
Wagub NTT, Josef Nae Soi memimpin pertemuan dengan pengurus cabang olahraga di Ruang Rapat Gubernur NTT, Kamis (2/9). 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Polemik alokasi anggaran dari Pemprov NTT ke KONI NTT akhirnya terselesaikan. Sesuai rencana, Jumat (3/9), dana bagi cabang olahraga peserta PON XX 2021 di Papua akan resmi dicairkan oleh Pemprov NTT.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan antara Wagub NTT, Josef Nae Soi bersama KONI NTT, Dispora NTT dan pengurus cabang olahraga yang lolos PON di ruang rapat Gubernur NTT, Kamis (2/0) malam. Hadir juga Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT, Zakarias Moruk.

"Tadi saya sudah tandatangan naskah hibahnya. Besok (hari ini), saya pastikan dana untuk PON sudah bisa dicairkan," kata Nae Soi tanpa menyebut besaran alokasi dana dari Pemprov NTT.

Nae Soi berharap, dana tersebut dimaksimalkan oleh cabang olahraga untuk meningkatkan kualitas latihan. "Maksimalkan siswa waktu yang tidak sampai sebulan ini lagi. Harus gunakan kesempatan untuk menggenjot atlet kita demi keharuman nama daerah NTT," kata Nae Soi.

Pada kesempatan tersebut, Nae Soi juga mengatakan kalau dirinya baru saja ditunjuk Gubernur NTT, Viktor Laiskodat sebagai chief de mission (CdF/ketua kontingen) NTT di PON XX 2021 Papua.

"Sebenarnya pertemuan ini adalah saya mau kasih tahu bahwa saya baru saja ditunjuk Pak Gubernur untuk menjadi chief de mission kontingen NTT. Nanti tentang bagaimana mekanisme kerja selanjutnya, akan kita rapatkan lebih detail lagi," kata Nae Soi.

Informasi yang sempat dihimpun, pencairan dana kali ini beda dari sebelumnya. Bila pada pelaksanaan PON lalu, semua dana dikelola KONI NTT, kali ini dana langsung diambil pengurus cabang olahraga. KONI NTT juga mendapatkan alokasi dana, namun belum terkonfirmasi, untuk item pembiayaan apa saja.

"Saya tidak bisa menjelaskannya. Nanti ada yang lebih berhak menjelaskan," kata Sekretaris Umum KONI NTT, Umbu Saga Anakaka, seusai pertemuan.

Untuk diketahui, NTT dalam PON Papua kali ini meloloskan 12 cabang olahraga. Oleh karena jadwal pertandingan masing-masing cabang olahraga berbeda, maka keberangkatan kontingen NTT juga tidak akan serentak. Sesuai jadwal yang dikeluarkan PB PON, cabang cricket akan lebih dahulu menggelar pertandingan, yakni pada 25 September 2021. Selanjutnya diikuti cabang sepakbola pada 27 September 2021.

"Kita tidak bisa kirim kontingen serentak seperti PON lalu. Hal ini karena PB PON hanya memfasilitasi penginapan, konsumsi dan transportasi hanya pada H-3 sebelum pertandingan. Untuk itu, harus dibicarakan lebih detail terkait mekanisme pengiriman kontingen, karena ini berkaitan dengan kesiapan atlet, mengingat jadwal penerbangan ke Papua akan sangat melelahkan," tegas Nae Soi.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved