Breaking News:

Berita Sumba Timur

Zat EGCG dari Teh Bisa Mencegah Covid-19

EGCG merupakan senyawa tumbuhan yang terdapat di dalam teh hijau yang diyakini bisa mencegah dan mengurangi keparahan Covid-19

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Suasana webinar zoom meeting Pengabdian kepada Masyarakat di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi NTT, Sabtu 28 Agustus 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Epigallocatechin gallate ( EGCG) merupakan senyawa tumbuhan yang terdapat di dalam teh hijau yang diyakini bisa mencegah dan mengurangi keparahan Covid-19.

Pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) ataupun teh, dapat meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

Hal ini disampaikan Guru Besar Bidang Kimia Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga , Surabaya, Prof. Dr. H. Djoko Agus Purwanto, M.Si, Apt dalam webinar zoom meeting Pengabdian kepada Masyarakat di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi NTT, Sabtu 28 Agustus 2021.

Webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dan bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia Sumba Timur ini dengan tajuk Pemanfaatan Bahan Kimia Alam dalam Pemeliharaan Kesehatan menghadapi Pandemi Covid-19.

Baca juga: Setiap Hari Ada Pasien Covid-19 di Sumba Timur yang Sembuh

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Prof. Dr. Junaidi Khotib,S.Si, M.Kes, Ph.D.,Apt.

Acara webinar dengan moderator, Dr. Juni Ekowati,M.Si,.Apt ini diikuti oleh sejumlah apoteker dan masyarakat di Sumba Timur maupun di luar Sumba Timur.

Hadir pula Ketua IAI Sumba Timur, Foe Liang,S.Si,Apt. Prof. Djoko Agus Purwanto yang tampil sebagai pembicara pertama ini mengatakan, dengan teh bisa mencegah Covid-19, bahkan dapat mengurangi keparahan Covid-19 pada seseorang.

Menurut Purwanto, zat EGCG dalam teh sebagai antioksidan kuat yang dapat melindungi dari sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

"Adanya Pandemi Covid-19 ini obat banyak yang kosong. Karena itu, kita gunakan teh untuk meningkatkan imunitas tubuh, bahkan bisa membentengi diri kita dari Covid-19," kata Purwanto.

Baca juga: 671 Pasien Covid-19 di Sumba Timur Isolasi Mandiri

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved