Tips Sehat

Waspadalah! Anak Bisa Diserang Hipertensi, Ketahui Gejala Penyakit dan Penyebabnya

Hipertensi biasanya menyerang orang lanjut usia, tapi ternyata hipertensi juga bisa menyerang anak-anak. Maka waspadalah dengan kebiasaan anak.

Editor: Gordy Donofan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi sakit hipertensi juga bisa menyerang anak 

Waspadalah! Anak Bisa Diserang Hipertensi, Ketahui Gejala Penyakit dan Penyebabnya

POS-KUPANG.COM - Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi seringkali menunjukkan gejala yang sangat serius pada tubuh.

Oleh karena itu penyakit ini harus diwaspadai.

Karena jika tidak maka akan berakibat fatal.

Dilansir dari Wikipedia, hipertensi atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat.

Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi ( sistole ) atau berelaksasi di antara denyut ( diastole ).

Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik ( bacaan atas ) 100–140 mmHg dan diastolik ( bacaan bawah ) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi biasanya menyerang para lansia atau usia lanjut.

Baca juga: Kenali 3 Gejala Penyakit Kanker Prostat Hanya Menyerang Pria

Karena risiko hipertensi semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Tapi apakah hipertensi juga bisa menyerang anak?

Dilansir dari alodokter.com, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab hipertensi pada anak, mulai dari kelebihan asupan garam hingga kurangnya aktivitas fisik.

Ketahui cara mengatasinya, karena jika tidak segera ditangani, hipertensi pada anak bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya.

Tekanan darah diukur dari seberapa tingginya tekanan di dalam pembuluh darah, baik saat jantung berkontraksi memompa darah, maupun saat jantung dalam kondisi rileks atau meregang.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved