Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 9 Agustus 2021: Syukur dan Taat

Kata orang bijak, salah satu resep panjang umur dan bahagia ialah mampu bersyukur atas hidup dan anugerah yang ada.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik Senin 9 Agustus 2021: Syukur dan Taat (Ul 10:12-22, Mat 17:22-27)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Kata orang bijak, salah satu resep panjang umur dan bahagia ialah mampu bersyukur atas hidup dan anugerah yang ada.

Syukur merupakan sebuah sikap beriman. Syukur berarti penegasan serta pengakuan atas daya hidup dan ketergantungan dari Yang Ilahi.

Dalam Kitab Ulangan, orang Israel diperingatkan untuk bersyukur atas kemurahan Tuhan yang memilih dan menuntun mereka menuju tanah terjanji, tanah keselamatan. Anugerah Tuhan begitu besar karena telah menentukan Israel sebagai bangsa terpilih. Dari bangsa terpilih inilah Allah memilih Raja Daud sebagai nenek moyang Yesus Sang Mesias.

Yesus hidup dalam budaya manusia. Budaya mengajarkan kearifan dan kebijaksanaan dalam bersikap dan bertatalaku terhadap sesama dan alam, serta menata sikap hormat dan penghargaan atas nilai-nilai hidup setiap hari. Yesus menunjukkan keterlibatan dan kepedulian walau Ia sadar akan konsekuensi keberpihakan pada kebenaran. Keterlibatan dan kepedulian itu menyata meski sederhana.

Kerapkali kita kurang menaruh perhatian terhadap kebaikan dan kepedulian dari dan bagi sesama. Dengan pelbagai cara kita terbuai dalam keangkuhan pribadi maupun keangkuhan religius. Sikap syukur dan taat mampu mengajari kita untuk memiliki kerendahan hati sebagaimana ditunjukkan oleh Yesus dalam hidup-Nya.

Tuhan Yesus, berilah kami semangat kerendahan hati untuk memandang Engkau dalam karya dan kasih dari orang di sekeliling kami. Ajarilah kami senantiasa untuk bersyukur atas anugerah kehidupan ini. Amin.*

Renungan harian lainnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved