Public Service

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18, Penjelasan Admin Prakerja hingga Menkeu Sri Mulyani

Ada baiknya untuk mengetahui Cara Daftar Kartu Prakerja sebelum Kartu Prakerja Gelombang 18 dibuka secara resmi.

Editor: Hasyim Ashari
TRIBUNNEWS.COM/SRI JULIATI
Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18, Penjelasan Admin Prakerja hingga Menkeu Sri Mulyani 

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18, Penjelasan Admin Prakerja hingga Menkeu Sri Mulyani

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Ada baiknya untuk mengetahui Cara Daftar Kartu Prakerja sebelum Kartu Prakerja Gelombang 18 dibuka secara resmi.

Peluang untuk dibukanya Kartu Prakerja Gelombang 18 kian besar setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan penambahan anggaran untuk Program Kartu Prakerja.

Untuk Program Kartu Prakerja ada tambahan sekitar Rp 10 triliun.

Tidak hanya itu, pPeluang untuk lolos Kartu Prakerja Gelombang 18 dan gelombang-gelombang berikutnya makin terbuka lebar setelah pemerintah menambah jumlah anggaran.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka Kuota Hanya 44 Ribu, Ini Cara Daftarnya

Cara mudah mendaftar Kartu Prakerja juga bisa Anda simak di artikel ini.

Demikian pula harapan para calon peserta Kartu Prakerja, yang menginginkan penerimaan Kartu Prakerja dipermudah.

Seperti diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan akan menambah anggaran program Kartu Prakerja sebesar Rp10 triliun menjadi Rp30 triliun dari sebelumnya Rp20 triliun untuk mengurangi beban masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Kami akan tambahkan Rp10 triliun lagi sehingga program Prakerja bisa menambah jumlah peserta 2,8 juta peserta, sehingga total anggaran menjadi Rp30 triliun,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, Sabtu 17 Juli 2021 malam, seperti dilansir Surya.co.id dari Antara.

Sri Mulyani menjelaskan semula pemerintah menganggarkan Rp20 triliun untuk program kartu prakerja dengan jangkauan 5,6 juta orang peserta.

Baca juga: Cara Paling Mudah Daftar Kartu Prakerja Online, Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18?

Setelah ditambah anggaran Rp10 triliun, maka program Kartu Prakerja bisa menambah 2,8 juta peserta, sehingga target program yang bersifat pemberdayaan masyarakat ini bisa mencapai 8,4 juta orang.

Penambahan anggaran ini, kata Sri Mulyani, juga dilakukan karena hasil survei menunjukkan bahwa program Kartu Prakerja terbukti cukup membantu para pencari kerja atau yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama pandemi.

Untuk program kartu prakerja tambahan ini setiap penerima akan mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp1 juta dan mendapatkan insentif Rp 600.000 per bulan untuk empat bulan.

Sehingga, kata Sri Mulyani, total jumlah bantuan yang didapatkan sebesar Rp2,4 juta serta tambahan dana sebesar Rp 50.000 untuk pengisian survei.

Baca juga: Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18? Ada Bantuan Rp 3,55 Juta Akses www.prakerja.go.id

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved