Breaking News:

Berita Internasional

Baru Terungkap Senjata Makan Tuan, Iron Dome Nyaris Tembak Jet Tempur Israel Saat Perang 11 Hari

Namun, tak diketahui ada pesawat tempur Israel jeni F-15 hampir tertembak jatuh oleh rudal kawan sendiri dalam sistim Iron Dome

Penulis: Alfred Dama | Editor: Alfred Dama
Kompas.com
Ilustrasi : Pesawat jet tempur Israel jenis F-15 nyaris tertembak jatuh sistim pertahanan Iron Dome Israel 

POS KUPANG.COM -- Israel menunjukan keperkasaan dalam menangkis serangan ribuan rudal yang ditembakan kelompok militas Hamas dari Jalur Gaza

Hampir 90 persen rudal Hamas sanggup dirontikan rudal-rudal iron dome Israel

Namun, tak diketahui ada pesawat tempur Israel jeni F-15 hampir tertembak jatuh oleh rudal kawan sendiri dalam sistim Iron Dome

The Times Of Israel merilis, Channel 12 mengatakan sebuah rudal pencegat yang ditembakkan ke sebuah roket dari Gaza secara tidak sengaja mengunci sebuah pesawat F-15 yang terbang di atas Jalur Gaza.

Pencegat yang salah diledakkan oleh operator Iron Dome beberapa saat sebelum mengenai jet, tambahnya. Insiden itu begitu dekat sehingga pecahan peluru dari pencegat menghantam jet, kata laporan.

Baca juga: Hamas Tahan 2 Jenazah Tentara dan 2 Warga Israel, Tuntut Dikembalikan Syarat Rekonstruksi Gaza

Sistem pertahanan udara Kubah Besi (Iron Dome) Israel bekerja keras menahan gelombang serangan roket kelompok Hamas dari Jalur Gaza, Selasa 911/5/2021) hingga Rabu (12/5/2021).
Sistem pertahanan udara Kubah Besi (Iron Dome) Israel bekerja keras menahan gelombang serangan roket kelompok Hamas dari Jalur Gaza, Selasa 911/5/2021) hingga Rabu (12/5/2021). (AFP/ANAS BABA)

Sebuah laporan Channel 13, sebaliknya, mengatakan pencegat itu ditembakkan dengan sengaja ke F-15, setelah salah mengidentifikasinya sebagai roket yang menuju ke Israel. Itu adalah "keajaiban" bahwa tidak ada yang terluka, tambahnya.

Kedua laporan TV mengatakan IAF mengkonfirmasi insiden itu terjadi, mencatat bahwa itu terjadi pada puncak konflik selama rentetan berat roket yang ditembakkan ke Israel dari Gaza, dan mengatakan pelajaran sedang dipelajari dari insiden tersebut.

Selama Operasi Penjaga Tembok - nama IDF untuk 11 hari permusuhan yang dimulai pada 10 Mei, setelah Hamas menembakkan roket ke Yerusalem di tengah meningkatnya ketegangan Israel-Palestina atas kota itu - Hamas dan kelompok teror lainnya menembakkan lebih dari 4.300 roket ke Israel sementara Pasukan Pertahanan Israel merespons dengan sekitar 1.500 serangan udara terhadap sasaran di Gaza.

Baca juga: Israel Punya Teknologi Militer Mumpuni, Tentaranya Hampir Tak Terlihat, Terinspirasi Perang Lebanon

Militer juga mencegat sejumlah drone yang diluncurkan ke Israel oleh kelompok teror yang berkuasa di Gaza. *

Berita lain terkait Israel

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved