Breaking News:

Program TMMD Membangkitkan Budaya Gotong-Royong TNI dan Masyarakat

Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) yang berlangsung sejak 1980 masih terus dilaksanakan setiap tahun sampai saat ini

Penulis: Paul Burin | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Kegiatan gotong-royong pada TMMD di Desa Sahraen, Kabupaten Kupang. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) yang berlangsung sejak 1980 masih terus dilaksanakan setiap tahun sampai saat ini. Pada pertengahan tahun 2021, Kodim 1604/Kupang telah memasuki TMMD yang ke-111. Nilai yang dipetik, di antaranya adalah membangun kekompakan dan gotong-royong.

"Sebelum TMMD dilakukan pemilihan tempat dan sasaran ( TMMD) ke-111 berupa survei bersama oleh Kodim 1604/Kupang bersama pemerintah daerah dan instansi yang terkait."

Komadan Koramil (Danramil) 1604-03/Amarasi, Kapten Inf. Lalu Yuli Ifnu Fajar mengungkapkan hal ini ketika dihubungi, Senin, 21 Juni 2021.

Ia mengatakan, kehadiran TMMD di tiga desa di Kecamatan Amarasi Selatan ini membangkitkan kembali semangat gotong-royong masyarakat baik tua muda, perempuan bahkan anak-anak.

Baca juga: Sisi Lain Pembukaan TMMD di Sahraen, Kupang: Urias Kase Menyuarakan Kerinduannya pada TNI

 

Semangat kebersamaan gotong-royong terlihat mulai dari hari pertama sampai saat ini. Jadi kata dia, semua pekerjaan yang berat terasa ringan. Terlihat juga para ibu sibuk menanak untuk sarapan, makan siang dan makan malam untuk anggota Satgas dan masyarakat.

Untuk itu dalam pelaksanaan TMMD, TNI tidak bekerja sendiri. TNI menggandeng banyak pihak terutama masyarakat setempat. Pada TMMD ke-111 dengan tema, `Sinergi untuk Membangun Negeri,' kehadiran TMMD untuk membantu pemerintah daerah dalam mendorong akselerasi pembangunan nasional hingga tersebar ke pelosok di beberapa kabupaten/kota se-Indonesia. Ini untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan riil masyarakat.

Danramil Lalu mengharapkan semoga gotong-royong, semangat kebersamaan ini terus pelihara, nilai budaya gotong-royong terus hidupkan dalam membangun daerah Kabupaten Kupang.

Baca juga: Bupati Korinus Minta Dukungan DPRD Kupang agar TMMD Dilakukan Dua Kali Setahun

Hasil program TMMD ini semoga dapat bermanfaat secara maksimal dan menyejahterakan masyarakat. TMMD dibuka oleh Bupati Kupang, Korinus Masneno, Selasa 15 Juni 2021 dan akan berakhir pada 14 Juli 2021. Ada banyak kegiatan berupa fisik dan nonfisik. Fisik berupa rehab gereja, pastori, kapela dan rehab tiga ruang kelas dan satu ruang guru. Nonfisik berupa pembekalan-pembekalan.(*/pol)

Berita Kabupaten Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved