Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Minggu 20 Juni 2021: Badai Pasti Berlalu!

Setiap orang pasti pernah merasa takut. Apalagi ketika dalam bahaya besar yang sedang mengancam dan merasa tak mampu mengelakkan bahaya tersebut.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Minggu 20 Juni 2021: Badai Pasti Berlalu! (Mrk 4:35-40)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Setiap orang pasti pernah merasa takut. Apalagi ketika dalam bahaya besar yang sedang mengancam dan merasa tak mampu mengelakkan bahaya tersebut. Satu-satunya tindakan yang bisa dilakukan ialah minta tolong pada siapa saja yang ada di dekatnya.

Demikianlah gambaran para murid Yesus ketika berada dalam perahu dan terancam oleh angin ribut yang menimbulkan gelombang besar. Perahu mereka dalam keadaan bahaya ditelan ombak. Namun mereka melihat bahwa Yesus begitu tenang bahkan tertidur. Para murid membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya, "Guru, Engkau tidak peduli kalau kita binasa?"

Mendengar permintaan mereka, Yesus justru bertanya, "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"

Yesus menghubungkan rasa takut para murid dengan ketidakpercayaan mereka pada-Nya. Iman mereka kurang besar sehingga merasa tak akan mendapatkan pertolongan dan bahkan sudah merasa akan binasa.

Yesus menghardik angin ribut itu dan segeralah danau jadi tenang, tak ada lagi gelombang yang mengancam perahu mereka. Tentu para murid jadi heran akan kuasa Yesus yang begitu besar. Tak pernah mereka sangka bahwa angin danau pun tunduk pada perintah-Nya.

Ternyata Yesus berkuasa atas gejala alam yang biasanya di luar kekuasaan manusia. Para murid terhindar dari bencana dan bahaya yang tadinya akan membinasakan mereka (Mrk 4:35-40).

Ketika berada dalam badai kehidupan, kita diminta untuk tenang dan percaya saja. Ini menunjukkan kualitas iman, kedekatan dan kepercayaan kita kepada Allah. Bersama Yesus badai pasti akan berlalu. Badai itu timbul bukan dari alam, tetapi dari dalam diri manusia.

Hidup bersama Yesus selalu memberi rasa damai dan sukacita. Yesus datang memberikan kita jalan, menunjukkan arah dan mendampingi kita dalam perjalanan hidup ini. Oleh karena itu, kita tidak perlu takut untuk menjalani hidup ini, meski ada pelbagai tantangan dan persoalan, bahkan badai hidup menerpa. Bersama Yesus, badai pasti akan berlalu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved