Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Sabtu 12 Juni 2021: Sumpah!

"Engkau harus takut akan Tuhan, Allahmu, kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah" (Ul 6:13).

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Sabtu 12 Juni 2021: Sumpah! (Mat 5:33-37)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Sumpah merupakan salah satu hal yang biasa di kalangan masyarakat Yahudi.

Kitab Ulangan mengungkapkan hal ini: "Engkau harus takut akan Tuhan, Allahmu, kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah" (Ul 6:13).

Sumpah di sini dipahami sebagai satu bentuk pengakuan atas kekuasaan Allah dan ungkapan iman atas penyelenggaraan-Nya di seluruh jagat (Yer 12:16).

Sumpah itu bernilai luhur. Akan tetapi banyak orang memanipulasi sumpah itu. Dalam sumpah, orang harus bicara jujur.

Yesus mendorong orang untuk bersikap jujur, mengungkapkan apa yang menjadi gerak batinnya. Jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak!

Mengapa orang harus berkata lurus? Karena menyentuh kebenaran. Bicara berputar-putar, berdiplomasi untuk menutupi realitas sebenarnya, menyiratkan ketidakjujuran.

Di dalam ketidakjujuran, ada sumber semua kebohongan yakni iblis. Iblis pandai mempermainkan batin manusia. Andaikata, semua orang setia ikut Yesus, dunia ini akan jauh lebih sederhana, lugu dan jujur.

Ulpianus, seorang penulis Romawi berkata, "honeste vivere" - hiduplah dengan jujur. Hidup jujur ada kaitan dengan hidup bahagia, beate vivere. Semoga kita hidup jujur mulai dari hal-hal yang kecil.

Hari ini Gereja memperingati Hati Tersuci Santa Perawan Maria. Santa Maria sudah menunjukkan suatu pernyataan Ya terhadap panggilan Allah, secara konsisten dan penuh komitmen, walaupun banyak hal dalam hidupnya masih bercorak misteri, tak jelas dan tak terduga.

Pernyataan Ya dari Santa Maria ini berasal dari iman kepercayaan kepada Tuhan Allah Penyelamat yang tak pernah ingkar janji. Iman yang kokoh ini bersemi dalam cinta yang tulus kepada Allah, dari hati yang tersuci. Iman yang teguh, bersama cinta yang tulus dari hati yang tersuci ini menjadi persembahan diri yang luhur bagi Allah Maha Pengasih dan Penyayang.

Marilah kita mohon kepada Santa Maria, "Jadikanlah hatiku seperti hatimu!" Amin.*

Simak juga video renungan  harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved