Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Sabtu 12 Juni 2021: Maria Menyimpan Segala Perkara Itu di Dalam Hatinya

Perasaan yang berkecamuk antara cemas dan gelisah. Panik dan galau sudah pasti pernah kita alami.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Ambros Ladjar 

Renungan Harian Katolik, Sabtu 12 Juni 2021, Peringatan Hati Tersuci Sta. Perawan Maria: Maria Menyimpan Segala Perkara Itu di Dalam Hatinya (Lukas 2: 41-51).

Oleh: RD. Ambros Ladjar

POS-KUPANG.COM - Perasaan yang berkecamuk antara cemas dan gelisah. Panik dan galau sudah pasti pernah kita alami. Lebih terasa lagi kalau kita kehilangan sesuatu yang berharga, entah manusia atau barang.

Saya pernah kehilangan dompet membuat saya rasa sangat terganggu berhari-hari. Isinya tak seberapa banyak, tapi tapi ada beberapa ID Card yang penting di dalam. Bahkan mau keluar rumah pun jadi enggan karena tanpa pegangan apa pun. Setelah semua dokumen prnting itu diurus baru bisa rasa nyaman.

Santo Lukas mengisahkan dalam injil kecemasan hati Maria sebagai seorang ibu rumah tangga. Ketika itu Yesus Putera mereka tak ikut pulang bersama ke Nazaret selepas ziarah di Yerusalem. Sepertinya Yesus ikut berbaur dalam keramaian para peziarah.

Hal ini membuat Jusuf dan Maria harus balik lagi ke Yerusalem. Yesus ditemukan di dalam Bait Allah dengan rasa sukacita. Maria tumpahkan rasa hatinya, namun tak dinyana pernyataan Yesus begitu menggelitik.

Karena Yesus katakan: Mengapa kalian cari saya? Tak tahukah kalian bahwa Aku harus berada di rumah Bapa-Ku? Bagai disambar petir, Hati bunda Maria kaget. Sudah pasti sangat pedih terasa bagai tersayat sembilu, tapi Maria diam saja.

Atas jawaban Yesus, hati Maria dan Jusuf pun jadi terbuka dan sadar. Anak hanyalah titipan Tuhan sehingga mereka tegar menghadapi ujian itu. Lantaran Maria sudah menyerahkan diri menerima kehendak Tuhan maka ia pasrah. Ia menyimpan segala perkara itu dalam hatinya.

Di situ keteguhan hati seorang ibu yang telah melahirkan diuji. Di dalamnya bunda Maria memberikan kita inspirasi agar kita pun memiliki hati yang kuat, baik dan suci. Hati yang tetap mengasihi biarpun selalu mengalami perlakuan tak patut dari orang lain.

Banyak kali kita pun tak mampu memaafkan orang jika salah paham. Mari kita belajar dari Bunda Maria agar hati kita pun tetap tenang, damai dan tegar dalam hidup.

Salam sehat di Akhir Pekan buat semuanya. Tetap taat menjaga Prokes. Tuhan memberkati segala aktivitas hidup keluarga kita masing-masing dengan kesehatan, keberuntungan, sukses dan sukacita hidup. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved