Breaking News:

Sombra, Dedikasi Cita Rasa Kopi Khas NTT 

menjamu tamu dan kegiatan adat, Alfredo Sebastianus Soi Pili mengembangkan produk kopi lokal Nusa Tenggara Timur itu.

POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Founder Sombra Coffe Alfredo Sebastianus Soi Pili bersama Georgia Maria Imakulata Embula menunjukan produk Sombra Coffe, Jumat 10 Juni 2021. 

Sombra, Dedikasi Cita Rasa Kopi Khas NTT 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Cita rasa dan kualitas kopi Nusa Tenggara Timur telah menjadi primadona penikmat kopi Nusantara. Jenis Arabika Bajawa dan Robusta Manggarai bahkan telah mendunia dan menjadi kebanggaan nusantara. 

Berangkat dari upaya menjaga budaya menyeduh kopi dalam keluarga untuk menjamu tamu dan kegiatan adat, Alfredo Sebastianus Soi Pili mengembangkan produk kopi lokal Nusa Tenggara Timur itu. 

Putra keturunan Bajawa, Ngada Nusa Tenggara Timur itu mendirikan Sombra Coffee yang menjadi brand bisnis olahan kopi lokal dari wilayah NTT. 

Baca juga: Utusan AMPIG Kopi Arabika Flores Bajawa Ikut Pelatihan Barista di Labuan Bajo

"Kami tidak hanya menawarkan kopi enak tapi kopi sebagai penaung. Ini juga sekaligus memperkenalkan alam dan intelektual NTT," kata Alfredo Sebastianus Soi Pili kepada wartawan di kediamannya, Kamis 10 Juni 2021 sore. 

Ia mengaku, sebagai putra daerah, ia terinspirasi untuk membangun bisnis kopi karena budaya minum kopi yang khas di daerah kampung halaman keluarganya. Alfredo lalu memilih Arabica Flores Bajawa menjadi langkah awalnya untuk membangun bisnis kopi itu. 

Pemilihan nama Sombra terinspirasi dari kata “Sombar” yang merupakan istilah untuk pohon penaung di daerah Bajawa, NTT. Pemilihan nama Sombra menjadi tolak ukur dalam dedikasi untuk menaungi produk kopi berkualitas dengan cita rasa khas khususnya kopi yang berasal dari NTT. 

Baca juga: Peserta Pelatihan Kewirausahaan Belajar Budidaya Kopi Arabika di Desa Wae Rii

"Kami berdedikasi untuk membuat Sombra menjadi penaung dalam upaya mengedukasi, mempromosikan dan membanggakan kopi yang berasal dari NTT, " tambah putra Josef Nae Soi itu. 

Sombra sendiri, kata Alfredo, memiliki tiga produk yang saat ini telah berada di tengah masyarakat yakni produk Arabica Bajawa varietas Lini S795 yang diambil dari ketinggian 1200-1500 yang diolah dengan proses fullwashed, produk Arabica Bajawa Premium varietas Lini S795 Premium dengan ketinggian 1200-1500 dengan proses fullwashed serta produk Modhe Blend dengan campuran kopi Arabica Bajawa proses fullwashed dan Robusta Manggarai. 

Baca juga: Wakil Gubernur NTT Ingatkan UPH Jaga Kualitas Kopi Arabika Flores Bajawa

Keunggulan produk kopi Sombra kata dia, telah memenuhi standarisasi produk dan dipastikan halal. Standarisasi yang didapatkan yakni PIRT. Saat ini produk tersebut juga sedang dalam tahap menunggu proses dikeluarkannya izin BPOM. Selain itu, kopi Sombra juga sudah teruji secara klinis. 

"Konsumen tidak perlu meragukan kualitas dari kopi Sombra. Selain itu, Sombra Coffee menerima pesanan kopi sesuai dengan jenis profil sangrai dan level kehalusan sesuai permintaan customer," tambah pria yang belajar kopi secara spesifik itu. 

Bagi masyarakat NTT dapat menikmati produk kopi Sombra yang dapat ditemukan di Dekranasda, Mini Galeri kantor Gubernur dan sosial media Sombra coffee yaitu instagram @sombracoffee.id dan like halaman facebook kami, Sombra Coffee. 

Saat ini, tersedia kemasan kopi dengan ukuran 250 gram dan 1 kg. Untuk produk Modhe Bland ukuran 250 gram dibanderol Rp 65.000 sementara untuk kemasan 1 kg dibanderol Rp 180 ribu. Untuk Arabika Bajawa kemasan 250 gram dibanderol Rp 55 ribu dan kemasan 1 kg dibanderol Rp 160 ribu. Untuk kopi Arabika Bajawa Premium kemasan 250 gram dibanderol Rp 75 ribu dan kemasan 1 kg dibanderol Rp 250 ribu. 

Selain produk tersebut, Sombra Coffee juga tersedia dalam bentuk biji sangrai dan bubuk. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong )

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved