Breaking News:

Air Danau Kelimutu Surut, Pemprov NTT Berharap Dukungan Kementerian LHK Untuk Riset 

Debit air pada kawah Danau Kelimutu menurun. Penurunan debit air yang berpengaruh pada penurunan permukaan air danau tersebu

foto: Irfan Hoi/
Karo humas Pemprov NTT, Marius Ardu Jelamu. 

Air Danau Kelimutu Surut, Pemprov NTT Berharap Dukungan Kementerian LHK Untuk Riset 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Debit air pada kawah Danau Kelimutu menurun. Penurunan debit air yang berpengaruh pada penurunan permukaan air danau tersebut telah berlangsung sejak awal Mei 2021 lalu. 

Penurunan debit air itu terjadi di kawah Danau Tiwu Ata Mbupu satu dari tiga danau di Taman Nasional Kelimutu. 

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT, Ardu Jelamu Marius mengatakan, penurunan debit air di danau yang dikenal sebagai danau orang tua itu menyebabkan menurunnya permukaan air di kawah danau hingga 5 meter. 

"Saat ini ada sedikit perubahan di salah satu danau di Taman Nasional Kelimutu. Salah satu danau permukaan air turun hingga 5 meter," ujar Ardu Jelamu saat memberi keterangan pers kepada wartawan di kantor Gubernur NTT, Rabu, 9 Juni 2021.

Menurut Ardu Jelamu, fenomena yang terjadi di danau yang menjadi salah satu destinasi unggulan NTT itu harus dijelaskan secara ilmiah melalui riset atau penelitian. 

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT itu menyebut riset ilmiah itu akan menjelaskan faktor penyebab penurunan debit air dan permukaan air di kawah danau Tiwu Ata Mbupu itu. 

"Tentu ini membutuhkan kajian ilmiah apakah ada hubungan antara pemboran geothermal Sokoria dengan penurunan permukaan air di danau kelimutu," kata dia. 

Baca juga: Kalah Tipis Skor 2-1, Pelatih Persik Kediri Ungkap Alasan Kekalahan dari Persipura Jayapura

Pemerintah Provinsi NTT, lanjut Ardu Jelamu, berharap mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk riset tersebut. 

Baca juga: Info Sport Liga 1 2021 : Mantan Pemain Persipura Jayapura Prisca Womsiwor Resmi Gabung PSM Makassar

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved