Breaking News:

Dinas Pariwisata Kota Kupang Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat Gagalnya Pembangunan Bioskop Misbar

Dinas Pariwisata kota Kupang terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini kementerian Pariwisata, melalui Badan Ekonomi

foto: Irfan Hoi/
lokasi pembangunan bioskop misbar di eks teluk Kupang, jalan Timor Raya kota Kupang.  

Dinas Pariwisata Kota Kupang Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat Gagalnya Pembangunan Bioskop Misbar

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dinas Pariwisata kota Kupang terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini kementerian Pariwisata, melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) perihal keputusan pembangunan Bioskop Misbar yang belum usai pengerjaannya. 

Bioskop Misbar yang dibangun di lahan eks Teluk Kupang jalan Timor Raya, sampai saat ini belum juga rampung dengan dua kali ditenderkan dan dikerjakan, namun rekanan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Anggaran yang disiapkan Bekraf senilai 3 miliar dan Pemkot melalui dinas pariwisata akan mengerjakan toilet di proyek tersebut dengan nilai anggaran 200 juta. Bangunan tersebut terbengkalai sejak tahun 2020 lalu dan belum diketahui kelanjutan pembangunannya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally mengatakan, pada bulan April kemarin, tim dari kementerian pariwisata dalam hal ini Inspektorat, dan BPK, datang untuk melakukan peninjauan lapangan pembangunan bioskop Misbar. 

"Jadi kami Dinas Pariwisata Kota Kupang dalam hal ini menunggu keputusan dari hasil peninjauan lapangan yang dilakukan oleh pihak inspektorat dan BPK dari pemerintah pusat," katanya kepada wartawan kantor DPRD kota Kupang,  Rabu 2 Juni 2021 lalu.  

Dia menjelaskan, untuk langkah selanjutnya  pemerintah kota Kupang menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.  Pasalnya, sudah dua kali gagal dikerjakan sampai dan belum juga selesai. 

Menurutnya, akibat mangkraknya pembangunan bioskop tersebut, anggaran yang dialokasikan pada Dinas Pariwisata Kota Kupang untuk pembangunan toilet multifungsi sebesar Rp 200 juta yang dianggarkan pada anggaran murni 2021, kini telah refocusing untuk penanganan covid 19.

Yanuar Dally menjelaskan, pembangunan bioskop misbar ini merupakan komitmen antara pemerintah pusat dan pemerintah kota Kupang,  sehingga tidak bisa serta-merta pemerintah kota Kupang mengambil alih atau melanjutkan pembangunan yang sudah berjalan.

"Sesuai dengan perjanjian dengan pemerintah pusat setelah selesai melakukan pembangunan bioskop misbar barulah akan diserahkan kepada pemerintah kota Kupang untuk dikelola," paparnya. 

Ia berharap agar pembangunan ini segera dilanjutkan sesuai dengan arahan pemerintah pusat agar di kota Kupang juga tersedia tempat untuk pagelaran seni dan budaya. 

Terpisah, Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek, mengatakan, DPRD kota Kupang memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang memberikan perhatian khusus kepada Kota Kupang, dengan alokasi anggaran untuk pembangunan bioskop Misbar. 

Baca juga: Rahasia Gadis ABG Batam 3 Kali Layani Pria, Siapa Ayah Janin Dalam Kandungan ? Pria Pertama Ketiga?

Baca juga: Info Sport : Belgia vs Russia Euro 2020, De Bruyne Dipastikan Tak Tampil di Laga Perdana

"Namun sayangnya sampai dengan tahun 2021 ini, pembangunan bioskop misbar tidak kunjung selesai. Sebagai wakil rakyat tentunya kami menginginkan agar pembangunan ini memberikan dampak maksimal kepada masyarakat,  melalui pencapaian yang tepat volume,  kemudian tepat waktu dan berasas manfaat," sebutnya, Jumat 4 Juni 2021. 

Ewalde mendorong pemerintah kota Kupang melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait kelanjutan pembangunan bioskop ini sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kota Kupang.  (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

lokasi pembangunan bioskop misbar di eks teluk Kupang, jalan Timor Raya kota Kupang. 
lokasi pembangunan bioskop misbar di eks teluk Kupang, jalan Timor Raya kota Kupang.  (foto: Irfan Hoi/)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved