Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Jumat 4 Juni 2021: KITA DAN KEEGOISAN

Dalam bacaan injil hari ini, penginjil Markus mengajak kita untuk lebih jauh memahami apa yang dimaksudkan dengan relasi antara Daud dan Yesus

Dok Pribadi
RD Hironimus Nitsae 

Renungan Harian Katolik, Jumat 4 Juni 2021: KITA DAN KEEGOISAN (Injil Markus 12:35-37)

Oleh: RD. Hironimus Nitsae

POS-KUPANG.COM - Tiap kita selalu punya cara tersendiri dalam memahami sebuah kondisi. Terkadang cara kita memahami suatu hal selalu sangat tendensius dan bahkan mengarah kepada hal-hal yang bersifat sesaat atau demi pemuasan kebutuhan kita semata.

Dalam bacaan injil hari ini, penginjil Markus mengajak kita untuk lebih jauh memahami apa yang sebenarnya dimaksudkan dengan relasi antara Daud dan Yesus.

Pada zaman Daud berkuasa sebagai raja, ia berhasil menyatukan Israel. Dalam perjalanan waktu, harapan yang sama juga diharapkan terjadi dalam kepemimpinan berikutnya. Kehadiran Yesus menjadi harapan baru bagi Israel yang menyebut diri-Nya sebagai Anak Daud.

Problemnya adalah bahwa Yesus sebagai Mesias bagi mereka selalu dibawa dalam ranah yang sangat politis. Yesus bagi mereka harus dapat membawa umat Israel keluar dari keterpurukan hidup: salah satu diantaranya secara politis.

Karena itu Yesus dalam Injil hari ini mengkritisi para ahli Taurat yang terlampau memaknai Mesias dalam ranah duniawi. Mereka mengetahui bahwa Yesus adalah keturunan Daud karena Yusuf tetapi mereka tidak sungguh menyadari bahwa Yesus juga adalah sebagai Anak Allah.

Inilah yang sebenarnya mau dikatakan dalam Injil ini bahwa sejatinya Yesus memang adalah anak Daud tetapi juga sekaligus sebagai Mesias Anak Allah yang datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa.

Keegoisan kita, kadang berada pada posisi agar Tuhan mengikuti apa yang kita harapkan tetapi tidak membiarkan Allah melalui Putra-Nya hadir sebagai Mesias dalam diri kita untuk berkarya. Keegoisan kita kadang menutup mata hati kita terhadap kehadiran Allah.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved