Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Kamis 3 Juni 2021: Bersukacitalah Sebab Besarlah Ganjaranmu di Surga

Bisa saja kadang kita tergoda untuk melupakan tuntutan iman kita. Apalagi kalau kita tak nampu wujudkan dalam tindakan atau amal karya nyata.

Dok Pribadi
RD Ambros Ladjar 

Renungan Harian Katolik, Kamis 3 Juni 2021Bersukacitalah Sebab Besarlah Ganjaranmu di Surga (Mt 5: 1 - 12)

Peringatan Santo Karolus Lwanga, dkk, Martir Uganda

Oleh: RD. Ambros Ladjar

POS-KUPANG.COM - Di Uganda-Afrika Utara, agama Kristen baru mulai berkembang akhir abad 19.

Sebelumnya antara tahun 1885-1887 kehidupan pada saat itu masih terbilang primitif. Sebab masih banyak perdagangan budak. Praktek poligami masih kuat, pemerkosaan dan praktek animisme sangat marak.

Banyak orang Kristen dibunuh atas perintah raja Mwanga. Mereka menentang praktek hidup sambil meninggalkan cara hidup primitif itu. Sebab itu mereka menganuti agama resmi yang ada dan yang lain beralih kepada cara hidup kristiani.

Ketika raja melancarkan pembunuhan, banyak orang menjadi korban. Bukan saja para misionaris, tapi juga penduduk lokal yang sudah menjadi Kristen.

Semua hal ini bertentangan dengan iman dan moral kristiani yang diajarkan oleh para misionaris. Di antaranya juga ada pegawai istana dan pelayan raja sendiri.

Karolus Lwanga adalah pemuda tanggung yang berusia 20 tahun saat itu. Ia yang memimpin sembilan belas pemuda kristiani, pun tak luput dari sasaran raja. Bersama 12 kawannya ia ditangkap dan dibunuh tanggal 3 Juni 1886. Sedangkan lainnya tanggal 26 Mei dan 27 Januari 1887. Pada tahun 1964 mereka dikanonisasi Paus Paulus VI menjadi santo.

Bisa saja kadang kita tergoda untuk melupakan tuntutan iman kita. Apalagi kalau kita tak nampu wujudkan dalam tindakan atau amal karya nyata.

Yesus kembali memuji orang yang lakukan kebajikan kristiani dalam kotbah di bukit. Orang yang tekun lakukan tugas dengan setia dan tulus bagi Tuhan dan sesama, hidup akan punuh sukacita. Jika mereka giat mengejar nilai kerajaan surga di bumi, maka hidup dalam kelimpahan.

Hal yang sejalan dengan semangat iman kitab 2 Makabe. Lebih senang mati daripada melanggar hukum, karena lakukan kebajikan. Mari kita berusaha selagi masih ada sisa waktu hidup.

Salam sehat di Hari Kamis buat semuanya. Tetap taat menjaga Prokes. Tuhan memberkati segala aktivitas hidup keluarga kita masing-masing dengan kesehatan, keberuntungan, sukses dan sukacita hidup. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses juga artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved