Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Kamis 3 Juni 2021: Nada Dasarnya Kasih

Kasih adalah hukum yang utama dan pertama. Kasih itu diwujudkan dengan mencintai Allah dan sesama.

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Kamis 3 Juni 2021: Nada Dasarnya Kasih (Mrk 12:28b-34)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Kasih adalah hukum yang utama dan pertama. Kasih itu diwujudkan dengan mencintai Allah dan sesama. Cinta kasih yang diajarkan oleh Yesus beda kualitasnya dengan kata-kata cinta yang kerap kita dengar atau ucapkan. Yesus gunakan kata cinta yang berarti mengutamakan pemberian diri seutuhnya. Benar, nada dasarnya adalah Kasih.

Bila Yesus memberikan perintah supaya kita mencintai Tuhan, itu berarti kita utamakan Tuhan, memilih Tuhan dari pada hal-hal yang lain, juga memberikan diri sepenuhnya kepada Tuhan.

Demikian pula dengan perintah utama yang kedua, mencintai sesama berarti mengungkapkan cinta kita tidak terbatas pada orang yang mengasihi kita saja. Cinta kita untuk siapa saja, tanpa pamrih, tanpa imbalan, tanpa batas.

Pesan Yesus hari ini kiranya menjadi jelas untuk kita bahwa nilai pokok atau tindakan utama yang menjadi prioritas hidup kita ialah terus mencintai Tuhan dan tak berhenti mencintai sesama.

Cinta bukan kata tapi tindakan. Cinta bukan tulisan, tapi api. Api kasih harus tetap berkobar. Marilah kita wujudkan kasih tiap hari pada Allah dan sesama.

Santo Karolus Lwanga, dkk, Martir dari Uganda Afrika, benar-benar melaksanakan perintah utama Yesus yakni Kasih. Mereka berani mati karena iman dan cinta akan Allah. Mereka dibunuh karena membela iman Kristen melawan praktik perdagangan budak, poligami dan pemerkosaan terhadap anak-anak.

Ya Tuhan, ajarilah kami untuk tetap mampu mewujudkan kasih dalam hidup kami, terutama melalui tindakan nyata dan bukan hanya kata-kata. Santo Karolus Lwanga, dkk, doakan kami. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved