Breaking News:

Diskors Lima Kali, Sidang LKPj Walikota Kupang di DPRD Kembali Dilanjutkan

agenda tunggal yang dijalankan yakni pemandangan umum dari fraksi-fraksi terhadap nota keuangan walikota Kupang di tahun 2020. 

POS KUPANG.COM/IRFAN HOI
Suasana sidang LKPj walikota Kupang di DPRD  

Diskors Lima Kali, Sidang LKPj Walikota Kupang di DPRD Kembali Dilanjutkan

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Lima kali diskors dalam sidang lanjutan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) walikota Kupang tahun 2020 di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Kupang, akhirnya bisa dilanjutkan sekira pukul 19.00 WITA, Rabu 2 Juni 2021.

Dalam lanjutan sidang ini, hanya ada agenda tunggal yang dijalankan yakni pemandangan umum dari fraksi-fraksi terhadap nota keuangan walikota Kupang di tahun 2020. 

Pantauan pos Kupang, hingga pukul 20.26 WITA, beberapa anggota DPRD kota Kupang belum hadir dalam rapat ini. Sementara itu, pemerintah kota  (Pemkot) Kupang dihadiri langsung walikota Kupang Jefri Riwu Kore dan  sekretaris daerah Fahrensy Priestley Funay serta sejumlah perwakilan dari dinas-dinas terkait di Pemkot Kupang. 

Tiga orang perwakilan AMPAS Kota Kupang tengah membuat laporan polisi di ruang SPKT Polda NTT Rabu, 02 Juni 2021.
Tiga orang perwakilan AMPAS Kota Kupang tengah membuat laporan polisi di ruang SPKT Polda NTT Rabu, 02 Juni 2021. (POS-KUPANG.COM/RAY REBON)

Dalam pemandangan umum fraksi, diketahui sejumlah program walikota Kupang seperti air bersih dan penerangan menjadi catatan kritis dari DPRD yang diharapkan bisa dijelaskan dalam jawaban walikota Kupang diagenda berikutnya yang akan terjadi besok, Kamis 3 Juni 2021.  

Sidang dipimpin oleh wakil ketua II Christian S.Baitanu pasca palu sidang diserahkan ketua DPRD Yeskiel Loudoe usai di mediasi gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, menyusul adanya mosi tidak percaya terhadap ketua Yeskiel. 

Meski tidak memimpin sidang, Yeskiel tetap berkantor dan menunggu di depan ruang sidang utama Sasando DPRD kota Kupang saat berjalannya proses sidang lanjutan LKPj walikota Kupang ini. 

Sebelumnya, wakil ketua II DPRD kota Kupang, Christian S.Baitanu, menyebutkan skors untuk yang kelima kalinya ini disebabkan masih disiapkannya berkas pemandangan umum dari fraksi-fraksi terhadap nota keuangan dalam LKPj walikota Kupang. 

Anggota DPRD dan sejumlah staf di ruang sidang utama Sasando, gedung DPRD Kota Kupang.
Anggota DPRD dan sejumlah staf di ruang sidang utama Sasando, gedung DPRD Kota Kupang. (POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI)

"Ini sesuai mekanisme karena kita skors nanti akan ada pemandangan umum dari fraksi-fraksi sementara diperbanyak. Fotocopy kan butuh waktu dari pada menunggu, jam 7 nanti kita lanjut," jelasnya. 

Hal ini, lanjutnya, dimaksudkan agar saat pembacaan pemandangan umum fraksi-fraksi dilaksanakan secara bersamaan tanpa harus menunggu lagi.

Dia menerangkan, saat ini baru hanya 3 fraksi yang berkasnya telah disiapkan. Sementara 5 fraksi lainnya sedang disiapkan. 

Dalam rapat pukul 19.00 WITA, hanya terdapat satu agenda yakni pemandangan umum fraksi-fraksi. Sidang akan dilanjutkan besok, Kamis 3 Juni 2021 dengan agenda jawaban pemerintah terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi.  (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved