Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Selasa 1 Juni 2021: Kewajiban Umat Beriman

Hari ini Hari Lahir Pancasila. Kita bersyukur kepada Tuhan atas hari lahir Pancasila, Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Selasa 1 Juni 2021: Kewajiban Umat Beriman (Mrk 12:13-17)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Bayar pajak merupakan kewajiban setiap warga negara. Setiap orang patut melakukan kewajiban itu. Bayar pajak punya tujuan bantu pemerintah dalam mengembangkan ekonomi negara demi kesejahteraan hidup bersama.

Ketika orang bayar pajak, ia telah menunjukkan sikap taat, patuh dan setia pada negara. Selain itu, ia telah menjalankan salah satu kewajibannya sebagai manusia yang percaya pada Allah yakni melakukan kehendak-Nya di dunia ini.

Yesus menyadarkan kita semua pada hari ini bahwa di dalam dunia ini kita tidak hanya umat Allah, tetapi juga warga negara dalam satu negara. Di dalamnya ada pemerintah yang punya kuasa untuk mengatur hidup warganya.

Sebagai umat beriman yang baik, kita berupaya untuk taat pada Allah tetapi juga pada pemerintah. Janganlah kita rajin ikut ibadah tetapi melalaikan peran kita dalam berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, kita perlu jaga keseimbangan dalam menjalankan hak dan kewajiban kita.

Hari ini Hari Lahir Pancasila. Kita bersyukur kepada Tuhan atas hari lahir Pancasila, Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tuhan Yesus, rahmatilah kami untuk senantiasa setia berbakti kepada-Mu. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses juga artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved