Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Rabu 2 Juni 2021: Allah Orang Hidup

Pada zaman Yesus, rupanya paham kebangkitan badan dan kehidupan kekal belum menjadi keyakinan semua orang Yahudi.

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Rabu 2 Juni 2021: Allah Orang Hidup (Mrk 12:18-27)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Tanpa kebangkitan badan dan hidup kekal, mungkin saja cara kita menyikapi hidup akan berbeda. Mungkin saja kita membuat hidup ini seenak dan senikmat mungkin. Kita lalu berkata, "Mengapa harus hidup susah, toh setelah mati tidak ada kehidupan?" Kita cenderung menjadi egois.

Namun bagi orang yang percaya hidup kekal, persoalan menjadi berbeda. Hidup di dunia ini adalah bagian dari perjalanan menuju hidup abadi. Yang kita lakukan di dunia ini akan berdampak pada kehidupan mendatang dalam rangka harapan akan hidup abadi.

Pada zaman Yesus, rupanya paham kebangkitan badan dan kehidupan kekal belum menjadi keyakinan semua orang Yahudi. Kelompok Saduki tidak percaya akan adanya hidup abadi, karena hidup abadi tidak disebut dalam Taurat Musa. Oleh karena itu, mereka bertanya kepada Yesus untuk menguji jawaban-Nya terhadap persoalan yang fundamental itu.

Yesus memberikan dua jawaban yang jitu:

Pertama, di masa kebangkitan orang mati orang tidak kawin dan dikawinkan, melainkan hidup seperti malaikat di surga. Dengan demikian, apa yang dijadikan argumen dari orang Saduki tidak bisa dijadikan dalih untuk menyangkal.

Kedua, Yesus memberikan jawaban dengan mengambil bukti dari Hukum Taurat Musa. Allah disebut sebagai Allah Abraham, Isak dan Yakub, Allah orang hidup. Mereka hidup dalam kehidupan kekal.

Ya Tuhan, kami percaya akan hidup yang kekal. Bantulah kami agar tetap setia dan beriman teguh kepada-Mu. Amin.*

Akses juga artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved