Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, MInggu 30 Mei 2021, Hari Raya Tritunggal Mahakudus: Kasih

Kasih Allah itu melampaui segala upaya rasional terbatas manusia di bawah kolong langit untuk memahami misteri “komunitas kasih” ini.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
Pater Steph Tupeng Witin SVD 

Renungan Harian Katolik, MInggu 30 Mei 2021, Hari Raya Tritunggal Mahakudus: Kasih

(Ul 4:32-34.39-40; Rm8:14-17; Mat 28:16-20)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Hari Raya Tritunggal Mahakudus adalah perayaan kasih Allah yang agung bagi hidup kita. Kasih Allah itu melampaui segala upaya rasional terbatas manusia di bawah kolong langit untuk memahami misteri “komunitas kasih” ini. St Thomas Aquinas mengatakan, apa pun yang kita mengerti tentang Allah adalah selalu kurang daripada yang tidak kita mengerti. Santo Agustinus bahkan lebih tegas lagi mengatakan, “Kalau engkau memahami-Nya (Allah), Ia bukan lagi Allah” yang merupakan kulminasi dari ziarah intelektualnya untuk memahami rahasia ini.

Kita tahu, Allah Bapa berada “sangat jauh” di luar dunia. Manusia hanya menggapai-Nya dengan bahasa iman. Kasih-Nya yang mendalam pada manusia menggerakkan-Nya untuk mengutus Yesus, Anak-Nya yang Tunggal, masuk dalam ruang sejarah hidup manusia. Allah yang “sangat jauh” itu menjadi “satu” dengan dunia dan manusia. Hanya Dia tidak dicemari dosa. Justru Dia yang kudus itu membersihkan wajah peradaban duniawi yang dekil karena dosa dengan darah-Nya sendiri.

Selama berada di tengah dunia, Yesus membentuk komunitas kasih yang diutus-Nya melanjutkan rencana keselamatan kasih Allah. Maka Roh Kudus menjadi kekuatan Allah yang menguatkan dan meneguhkan manusia agar setia kepada Allah yang penuh kasih dengan menghadirkan warta kasih Allah di tengah dunia yang sarat dosa.

Misteri agung Allah ini kita alami secara konkret dalam sejarah hidup kemanusiaan. Hidup kita hingga detik ini adalah bukti yang tidak terbantahkan bahwa Allah sungguh Mahakasih. Ia menciptakan kita melalui sebuah proses kasih antara Bapak dan Mama. Ia merawat, melindungi dan memberi kita begitu banyak rahmat. Ia menguatkan kita dengan Firman Anak-Nya. Ajaran yang sangat mengagungkasih kasih Allah. Putra-Nya itu mengambil kemanusiaan kita untuk menyucikan-Nya agar kita menjadi murid bermartabat karena kasih.

Saat meninggalkan dunia, Yesus menjanjikan Roh Kudus yang akan setia menguatkan ziarah hidup kita penuh kasih hingga akhir. Roh Kudus itu akan senantiasa menggedor pintu hati kita agar tidak berpaling dari wajah Allah yang penuh kasih untuk digerakkan oleh-Nya berbagi kasih itu.

Saat kita merayakan hari kasih agung Alah ini, dunia kita tengah dilanda wabah pandemi, bencana alam, kasus kekerasan dan berbagai dosa dunia lainnya. Banyak sesama yang menderita dan kehilangan segala-galanya. Dunia kita ini ibarat sebuah perahu yang tengah diamuk taufan zaman yang dahsyat. Apakah kita akan mencari selamat sendiri dengan melompat keluar dari perahu kita bersama ini?

Kadang kita merasakan kesepian rohani karena Tuhan seolah “tertidur” di buritan perahu. Tuhan tidak pernah tidur. Gusti mboten sare. Tuhan senantiasa membuka mata-Nya yang penuh kasih bagi kita. Kita sering tergoda untuk mencari sensasi dan kenikmatan egoistik. Kita seolah hidup terasing di tengah lautan hidup sosial.

Rahasia Allah Tritunggal hadir secara konkret melalui bahasa kasih. Roh Kudus akan setia menguatkan dan menggerakkan kita agar menjadikan hidup kita sumber kasih bagi sesama, terutama yang menderita di sekitar kita. Kita menerima aneka rahmat yang memerkaya hidup. Banyak donatur yang mengungkapkan bahasa kasih Allah itu secara nyata. Kita, walau berkurangan, tetap berbagi rahmat Allah itu kepada orang lain yang mungkin lebih membutuhkan.

Pandemi membuat kita menjaga jarak tapi kasih membuat kita satu. Kasih akan menyatukan kita selama masa berjarak ini. Kasih menyatukan kita semua agar tetap hidup dalam komunitas yang diinspirasi rahasia Tritunggal Mahakudus. Dalam kata-kata Muder Teresa dari Kalkuta, kita menjadi pensil kasih Allah bagi semua orang. * 

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved