Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Jumat 28 Mei 2021: PEMURNIAN DIRI

Membaca perikop injil ini, kita dapat merefleksikan beberapa point utama di dalamnya. Salah satu di antaranya adalah tentang fungsi Bait Allah.

Dok Pribadi
RD Hironimus Nitsae 

Renungan Harian Katolik, Jumat 28 Mei 2021: PEMURNIAN DIRI (Injil Markus 11:11-26)

Oleh: RD. Hironimus Nitsae

POS-KUPANG.COM - Membaca perikop injil ini, kita dapat merefleksikan beberapa point utama di dalamnya. Salah satu di antaranya adalah tentang fungsi Bait Allah.

Dalam teks kita temukan bahwa, ketika Yesus tiba di Bait Allah, Ia menemukan Bait Allah sudah dijadikan sebagai tempat untuk berdagang. Berbagai jenis hewan dan sebagainya diperdagangkan di Bait Allah.

Yesus kemudian bertindak untuk mengembalikan fungsi utama dari Bait Allah dari berbagai pihak yang menggunakan Bait Allah untuk memenuhi kepentingan egoistik mereka.

Bagi Yesus, Bait Allah adalah tempat beribadat. Tempat di mana orang-orang Yahudi di Yerusalem melakukan perjumpaan dalam doa dengan Pribadi yang mereka imani. Oleh karena itu memang tidak wajar bila rumah Allah dijadikan sebagai sarang penyamun.

Sekalipun demikian, imam-imam kepala masih saja berusaha untuk membinasakan Dia hanya karena alasan makin banyak orang kagum dengan Diri-Nya.

Kita dapat memahami pada akhirnya, bahwa untuk memperjuangkan kebaikan dan kebenaran selalu ada tantangan. Tantangan itu selalu datang dari orang-orang terdekat yang merasa kemapanan egoistik dirinya terusik.

Di sinilah kita belajar, bahwa rumah Allah (Bait Allah) harus menjadi tempat untuk mempertemukan diri kita entah secara personal atau bersama dengan Tuhan yang kita imani. Maka sudah secara otomatis tempatnya selalu mendamaikan. Menentramkan. Memberi kelegaan.

Dari semuanya itu, harus dimulai dari hati masing-masing kita. Hati kita perlu kembali mendapat pemurnian untuk melihat bahwa Allah yang hadir dalam sakramen yang ditakhtakan di dalam Tabernakel di gereja, perlu dihormati, perlu diimani. Perlu dihayati. Perlu dihargai tiap kali tiap kita melakukan perjumpaan dengan Tuhan di sana dalam doa-doa kita.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Akses artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved