Breaking News:

ASDP Kupang Pastikan Arus Balik Mudik Lancar

General Manager ASDP Kupang, Cut Prayitno memastikan arus balik mudik lebaran yang diakan dimulai Selasa (18/5/2021) berjalan lancar

POS KUPANG.COM/IRFAN HOI
General Manager ASDP Kupang, Cut Prayitno. 

POS-KUPANG.COM - KUPANG -General Manager ASDP Kupang, Cut Prayitno memastikan arus balik mudik lebaran yang diakan dimulai Selasa (18/5/2021) berjalan lancar. Pihaknya telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi.

"Mengenai pengembalian mudik di NTT agar menjadi perhatian semua pihak baik dari industri jasa penyeberangan dan pengelola pelabuhan. Di Bolok masih menerapakan prokes meminimalisir penyebaran covid ya," kata Prayitno saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/5/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini telah menyediakan GeNose hasil kerjasama dengan Klinik Asa yang diperuntukan bagi penumpang yang hendak berangkat maupun turun di Pelabuhan Bolok.

Menurutnya, ASDP hanya akan memfasilitasi pengendalian penumpang di lapangan, termasuk saat kedatangan pemudik. Untuk penanganan akan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). "Yang paling berwenang dan pemeriksaan nanti itu dari KKP. Karena yang menyatakan memenuhi syarat sehat atau tidak itu dari KKP," katanya.

Baca juga: Bandara El Tari Kupang Sepi Penumpang

Baca juga: Roy Manafe Tewas Setelah Telepon Pacar

Sesuai arahan dari KKP, lanjut Prayitno, penumpang yang akan turun maupun akan menaiki kapal di Pelabuhan Bolok akan dilakukan pemeriksaan surat bebas Covid. Ia mengimbau semua penumpang agar tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Penumpang yang hendak berangkat, Prayitno menyarankan lebih awal datang ke pelabuhan untuk memudahkan proses pemeriksaan sehingga tidak mengalami keterlambatan kapal.

Pada hari terakhir larangan mudik Lebaran, Senin kemarin, Pelabuhan Bolok dan Pelabuhan Tenau Kupang sepi. Di Pelabuhan Tenau Kupang baru disinggahi satu kapal dari Pulau Rote.

"Itu kapal dari Rote, datang sekitar jam 9. Memang sepi akhir-akhir ini," ujar mama Igor, pedagang kaki lima yang berjualan di kawasan pelabuhan, Senin kemarin.

Baca juga: Hari Ini Pekerja Mulai Vaksin Gotong Royong

Baca juga: Zodiak Ini akan Dapat Masalah pada Kariernya, Kondisi Keuangan Sangat Buruk, Cek Zodiak 18 Mei 2021

Kondisi yang sama terjadi di Pelabuhan Bolok. "Dari awal larangan itu sudah sepi, penumpang sedikit saja. Mereka datang itu diperiksa rapid dan keterangan," kata Ningsih, PKL di Pelabuhan Bolok.

Terpisah, pihak Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Kelas II Reo membuka kembali pelayaran di Pelabuhan Reo, Kabupaten Manggarai, Selasa (18/5).

"Besok kita mulai buka pelayaran, tetapi kalau ada kapal, karena kapal penumpang perintis KM Sabuk Nusantara, satu Minggu hanya berapa kali saja di Pelabuhan Reo.

Soal berapa penumpang yang tiba atau berangkat besok hari belum ada informasi, biasanya akan diinformasikan, apalagi saat normal juga penumpangnya sedikit, jadi kalau ada kapal biasanya di pelabuhan kita bisa hitung jumlah penumpangnya," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Kelas II Reo Capten Desmon S.Menno, MM, M.Mar, Senin (17/5). (cr8/rob)

Berita Kabupaten Kupang

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved