Breaking News:

Salam Pos Kupang

Penerbangan Dibuka Prokes Diperketat

Hari ini pemerintah mulai membuka kembali membuka penerbangan, transportasi darat dan laut bagi masyarakat

Editor: Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM - PASTI banyak masyarakat Indonesia yang sangat menanti-nantikan tibanya hari ini, Senin 17 Mei 2021. Ya, hari ini pemerintah mulai membuka kembali membuka penerbangan, transportasi darat dan laut bagi masyarakat yang ingin berpergian dari dan keluar daerahnya.

Pastinya tiket-tiket pesawat, bus, kereta api, kapal laut sudah terjual habis untuk digunakan hari ini. Dan itu berarti juga bahwa sejak hari ini hingga beberapa minggu kedepan, lonjakan penumpang akan sangat tinggi.

Kerumuman orang di bandara, terminal, pelabuhan pun tak bisa dihindari, baik penumpang yang ingin berpergian ataupun para pengantar dan atau penjemput. Tugas berat bagi petugas-petugas di bandara, terminal dan pelabuhan.

Kondisi ini tentu perlu segera diantisipasi agar tak terjadi kenaikan kasus penularan Covid-19 di tempat-tempat pemberangkatan dan kedatangan penumpang yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Hasil & Klasemen Liga Spanyol, Barcelona Kalah, Madrid Nyaris Kudeta Atletico Madrid, Siapa Juara?

Baca juga: Sekda Sumba Timur Sembuh dari Covid-19 

Suka tidak suka, mau tidak mau, protokol kesehatan atau Prokes mesti lebih tegas diterapkan baik kepada calon penumpang, pengantar, penjemput hingga petugas bandara dan pengemudi taksi atau grab mobil maupun sepeda grab motor.

Petugas jangan ragu-ragu untuk menindak dengan tegas masyarakat yang tak mematuhi prokes di tempat-tempat umum dimaksud. Jika perlu sanksi tegas pun mesti diterapkan, mulai dari sanksi melakukan push up atau penerapan denda dengan nilai fantastik terhadap masyarakat yang tak mematuhi prokes.

Ketegasan penerapan prokes perlu dilakukan untuk bisa meminimalisir terjadinya penularan Covid-19 di tempat-tempat umum tersebut. Tentunya khusus calon penumpang pesawat masih harus wajib memperlihatkan surat hasil tes negatif PCR atau rapid test antigen dengan sampel diambil H-1 atau h-3 sebelum keberangkatan.

Baca juga: Jaga Pengamanan Lebaran, Briptu Febio Marcelino Dimaki-maki Perempuan Ini, Ini Akhir Dari Makian

Baca juga: Cek Hasil Lengkap dan Klasemen MotoGP 2021 Usai Race Le Mans Prancis, Jumlah Poin Pebalap

Menjalankan prokes dengan baik dan menunjukkan surat hasil tes negative PCR atau Rapid Tes antigen menjadi dua hal penting yang mesti terpenuhi saat hendak berpegian dari dan masuk ke suatu daerah.

Karenanya keberadaan kedua hal ini mesti dikawal oleh petugas yang berwenang di tempat-tempat pemberangkatan dan kedatangan baik di bandara, terminal maupun pelabuhan.

Hidup dan aktifitas dalam kehidupan ini mesti dilanjutkan. Covid-19 tak bisa dijadikan penghalang untuk melakukan berbagai kegiatan positif, mulai dari aktifitas ekonomi, seni, budaya, hukum, social, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, politik dan bidang kehidupan lainnya.

Kehidupan mesti kembali berlangsung. Namun yang perlu diingat bahwa kita perlu memastikan diri, keluarga dan lingkungan sekitarnya bisa aman saat menjalankan kehidupan ini.

Artinya bahwa prokes kesehatan, mencuci tangan, mengenakan masker, menjauhi kerumuman, menjaga jarak, mengurangi mobilitas menjadi keharusan yang mesti dilakukan setiap individu agar tak tertular dan menularkan Covid-19. *

Kumpulan Salam Pos Kupang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved