Breaking News:

Enam TKI Asal Ende Meninggal Dunia di Malaysia Dalam Interval Januari hingga April

Sebanyak enam Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan meninggal dunia di Malaysia.

KOMPAS.com/ERICSSEN
Ilustrasi TKI 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oris Goti

POS-KUPANG.COM | ENDE - Sebanyak enam Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan meninggal dunia di Malaysia.

Enam TKI ini meninggal dunia dalam rentang waktu Januari - April 2021. Mereka berstatus TKI ilegal atau tidak memiliki dokumen resmi sebagai TKI.

Mengenai status para TKI tersebut, disampaikan oleh Kapitan Lingga kepada media, pekan lalu.

"Mereka berangkatnya sembunyi-sembunyi dan estafet sehingga sulit terdeteksi. Semua yang meninggal adalah ilegal." kata Kapitan

Meski berstatus ilegal, kata Kapitan, Pemerintah tetap mengfasilitasi kepulangan jenazah para TKI yang meninggal tersebut.

"Yah, sejauh ini kepulangannya kita urus. Bekerja sama dengan BP2MI dan BP3TKI serta pemerintah Provinsi dan pusat," ungkapnya.

Dia katakan, untuk memberikan rasa aman dalam bekerja serta perlindungan menyeluruh, para calon tenaga kerja Indonesia diharapkan mengurus dokumen resmi.

"Harus urus dokumen resmi. Supaya saat kerja aman dan dilindungi pemerintah." tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah sering memberikan sosialisasi baik melalui forum musrenbangcam maupun memberikan surat edaran kepada para kepala desa untuk memantau warganya yang ingin bekerja luar negeri. *
 

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved