Breaking News:

Perahu Alami Mati Mesin, 5 Nelayan Asal Kabupaten Rote Berhasil Dievakuasi Tim SAR

Lima nelayan asal kabupaten Rote Ndao berhasil di selamatkan Basarnas Kupang setelah perahu motor yang digunakan kelima nelayan itu mengalami mati mes

Editor: Ferry Ndoen
istimewa
tim Basarnas sedang mengevakuasi nelayan di perairan Rote Ndao. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Lima nelayan asal kabupaten Rote Ndao berhasil di selamatkan Basarnas Kupang setelah perahu motor yang digunakan kelima nelayan itu mengalami mati mesin di perairan pulau Rote.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer, Selasa (11/5/2021) membenarkan adanya kejadian ini. Dia menuturkan, pihaknya menerima laporan dari warga disekitar lokasi bernama Bayu Laduma yang mengabarkan sebuah perahu Body Batang mengalami mati mesin ± 20 NM di Selatan Pulau Rote.

"Terdapat lima korban, identitasnya, Panjul (35) laki-laki, Mbuak (25) laki-laki
Arman (25) laki-laki, Ridwan (50) laki-laki Suhading (18) laki-laki," jelasnya, Selasa (11/5/2021).

Dia mengungkapkan, dari laporan yang diterima pada tanggal 7 Mei 2021,  perahu tersebut berasal dari desa Papela, kecamatan Rote Timur bergerak menuju ke perbatasan Australia untuk mencari ikan.

Saat kembali dari perairan tersebut pada tanggal 10 Mei 2021 perahu Body Batang berlayar kembali dari perbatasan dan mengalami mati mesin.

Pihaknya yang mendapat laporan, memberangkatkan 12 personil menggunakan KN SAR Antareja 233   menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.

Saat tiba di lokasi, pihaknya menemukan perahu body batang tersebut berhasil ditemukan pada koordinat 10˚56ʹ39,78"S - 122˚33'22,64"E dengan semua korban ditemukan dalam keadaan selamat, selanjutnya diantar ke daratan terdekat di daerah Nembrala.

Para korban, kata Emi, diserahkan kepada anggota Rescuer Pos Siaga SAR Rote Ndao bersama Kalak BPBD Rote Ndao untuk selanjutnya ke pihak keluarga di desa Papela.

"Tim yang terlibat diantaranya Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Rescuer Pos Siaga SAR Rote Ndao, BPBD Kabupaten Rote Ndao, Lanal Rote, Pol AL P. Dhana, Polair Rote dan Keluarga Korban. Terimakasih atas tugas kemanusiaan yang telah dilaksanakan," pungkasnya. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

tim Basarnas sedang mengevakuasi nelayan di perairan Rote Ndao.
tim Basarnas sedang mengevakuasi nelayan di perairan Rote Ndao. (istimewa)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved