Breaking News:

Anggota DPRD Kota Kupang Minta Pemkot Percepat Proses Vaksinasi Bagi Masyarakat

Anggota DPRD Kota Kupang Theodora Ewalde Taek minta pemerintah Kota Kupang untuk mempercepat proses vaksinasi

Editor: Kanis Jehola
Anggota DPRD Kota Kupang Minta Pemkot Percepat Proses Vaksinasi Bagi Masyarakat
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Kupang Theodora Ewalde Taek

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Kupang Theodora Ewalde Taek minta pemerintah Kota Kupang untuk mempercepat proses vaksinasi bagi warga Kota Kupang yang saat ini masih dibawah 10 persen.

Dia menegaskan, pemkot agar terus melakukan sosialisasi dan himbauan melalui kelurahan ataupun fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi.

"Mungkin ada masyarakat yang belum mengetahui jadwal, kemudian kemana harus melakukan vaksinasi. Ini agar terus di sampaikan," ujar Ewalde, Senin (10/5/2021).

Ewalde juga menyarankan untuk pemkot dapat memberikan edaran hingga ke tingkat RT terkait dengan proses vaksinasi dan juga persyarataan-persyaratan agar mudah diketahui masyarakat di wilayah masing-masing.

Baca juga: Peduli Bencana NTT, KMHDI Salurkan Bantuan ke Kabupaten Malaka

Baca juga: Indomaret Hari Ini Hingga Besok 11 Mei 2021, Beli 2 Box Frisian Flag 800g Gratis 2 Botol Squash ABC

Selain menghimbau melalui beberapa fasilitas hingga RT, dia mengatakan proses sosilasisasi dapat disampaikan melalui media cetak atau media online yang bisa menjangkau lebih banyak orang.

Walikota Kupang, Hermanus Man, mengatakan pemkot Kupang terus mengejar ketertinggalan dari jumlah vaksin yang diberikan kepada masyarakat umum sebesar 10 persen menjadi 60 persen hingga bulan Mei 2021 ini.

Penegasan ini dikatakan wakil walikota Kupang, Hermanus Man, yang menyebutkan adanya angka positif sebanyak 30 persen melalui hasil pemeriksaan dan diindikasikan penyebaran covid-19 skala lokal masih sangat tinggi.

Baca juga: Belum Diketahui Penyebab SPBU Mena di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai Terbakar

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Penyebab SPBU Mena di Kota Ruteng Terbakar

"Masih ada ribuan lansia dan publik lainnya yang belum divaksinasi yang ditargetkan dalam bulan Mei ini 60 persen," tambahnya, Rabu (5/5/2021).

Terpisah, kepala dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Sri Whayuningsi, mengajak masyarakat agar dapat mendatangi petugasan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat untuk menerima vaksin sebagai langkah pencegahan covid-19.

Sri mengungkapkan, saat ini persediaan stok vaksin yang dimiliki dinas kesehatan kota Kupang sebanyak 1.313 vial vaksin..

"Vaksin Sinovac sebanyak 319 vial dan Astra Zeneca sebanyak 994 vial, dengan sasaran sebanyak 20.000 penerima, sudah mendapatkan vaksin sebanyak 11.600 orang belum divaksin sebanyak 9000 orang," jelasnya, Kamis (6/5/2021).

Lebih jauh, ia menyampaikan stok vaksin ini harus dihabiskan dalam minggu ke dua bulan Mei ini. Langkah ini juga ditegaskannya, bagi tenaga pendidik menjadi bagian prioritas dalam pemberian vaksin sebelum adanya rekomendasi untuk dimulainya belajar tatap muka.

Ia berharap adanya kesadaran dan sikap pro aktif para guru dan masyarakat untuk mendatangi puskesmas yang menurutnya faskes tersebut selalu dibuka setiap harinya.

"Satu botol itu bisa menjangkau 10 orang, artinya satu botol itu kita bisa buka ketika para guru atau masyarakat ini sudah mencapai 10 orang baru kita gunakan, kalau datang hanya satu dua orang saja, tentu tidak bisa dibuka," pungkasnya. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Berita Kota Kupang

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved