Breaking News:

Mulai Hari Ini Kapal Feri Stop Beroperasi

Manajemen PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang menghentikan pengoperasian kapal feri semua rute lintasan dalam wilayah NTT

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Kapal Fery ASDP 

POS-KUPANG.COM - MENINDAKLANJUTI keputusan pemerintah melarang mudik lebaran, manajemen PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang menghentikan pengoperasian kapal feri semua rute lintasan dalam wilayah NTT. Kebijakan ini mulai berlaku Kamis (6/5/2021).

Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, Hermin Welkis mengatakan, pihaknya menghentikan pelayaran kapal penumpang. ASDP Kupang hanya melaksanakan pelayaran kapal khusus untuk angkutan logistik.

"Terkait dengan larangan mudik oleh pemerintah tahun ini, kami tetap melaksanakan, tapi khusus pelayanan untuk operasi masalah logistik," kata Hermin melalui peswan WhatsApp, Rabu (5/6).

Terpisah, Kepala Syahbandar Maumere, Kabupaten Sikka, Jhon Ola mengatakan, pihaknya memperketat pintu masuk penumpang melalui Pelabuhan Lorens Say Maumere.

Baca juga: Viral Foto Jokowi Tinjau Para Ibu Tanam Padi, Mantan Menpora Era SBY Roy Suryo: Bocor di Belakang

Baca juga: Sopir Bus Mengeluh Transportasi Darat Sepi Penupang

Pihak Syahbandar telah membangun posko pengamanan di pintu masuk dan keluar pelabuhan guna mengawasi penumpang yang akan mudik ke Maumere menggunakan kapal Pelni.

Menurut Jhon Ola, jika ada penumpang yang mau mudik harus membawa serta surat rekomendasi dari pelabuhan asal. Surat rekomendasi tersebut berisi alasan pulang kampung, misalnya karena anggota keluarga sakit dan atau meninggal dunia.

Pelabuhan Maumere sebagai pelabuhan singgah akan melihat rekomendasi penumpang dari pelabuhan asal misalnya dari Makassar ke Maumere dan Kalimatan ke Maumere.

Baca juga: Istana Tepis Jokowi-Sri Mulyani Beda Pendapat Soal THR

Baca juga: Golkar: Melki-Josef Bacagub NTT

"Jika tidak ada rekomendasi tentunya dari pelabuhan asal tentu tidak mengizinkan. Kami sudah menggelar rapat menindaklanjuti edaran pusat termasuk rapat bersama Kapolres Sikka dan Pemkab Sikka di Aula Kantor Polres Sikka, Selasa (4/5) pagi. Kami akan tetap awasi," tandas Jhon.

Ia mengatakan, khusus kapal perintis yang melayani penumpang antarpulau tetap beroperasi namun menerapkan protokol kesehatan.

"Kapal perintis yang melayani daerah terluar dan terpencil di Kabupaten Sikka tetap beroperasi. Yang kita awasi penumpang dari luar yang datang ke Maumere," ujarnya. (cr6/ris)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved