Breaking News:

Ramadan 2021

Mutiara Ramadan: Al Qur'an Fondasi Utama Menuju Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Mutiara Ramadan: Al Qur'an Fondasi Utama Menuju Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Mutiara Ramadan: Al Qur'an Fondasi Utama Menuju Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Mutiara Ramadan: Al Qur'an Fondasi Utama Menuju Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Oleh: Syarifuddin Darajad, Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Kupang.

POS-KUPANG.COM - FENOMENA aktifivitas membaca Alqur'an dibulan Ramadhan adalah upaya umat Islam untuk meraih ketakwaan kepada Allah SWT. Sebagian besar umat Islam tentu menyadari bahwa di antara ibadah yang sangat pula dianjurkan Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadan adalah membaca Alquran.

Hal ini karena Alqur'an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam yang dititipkan melalui Rasulullah SAW kepada umat manusia guna memperkuat keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Awal Alquran diturunkan di Gua Hira sebagai wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah SAW, yaitu lima Ayat dari surat Al. Alaq. Lima Ayat ini dibawa oleh Malaikat Jibril sebagai utusan dari Allah SWT untuk disampaikan dan diajarkan kepada Rasulullah SAW, Antara lain: "Bacalah dengan (Menyebu)t Nama TuhanMu Yang menciptakan (1) Dia telah menciptkakan Manusia dari segumpal Darah(2) Bacalah dan Tuhanmulah yang Maha Mulia(3) yang mengaja(manusia) dengan pena(4)Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya" (QS.Al.Alaq:1-5),

Baca juga: Promo JCO Selasa 4 Mei 2021, Promo Minggu ini 1 Box JPOPS + 1 L JCOFFEE Hanya Rp 109.000

Baca juga: Sampah Berserakan Di Pasar Wolowona

Lima ayat dalam surat Al Alaq ini sebagai upaya penguatan keimanan dan ketakwaanya dalam diri Rasulullah kepada Tuhan yang menciptkanannya.
5 ayat di atas tersebut meminta Rasulullah untuk membaca dan mempelajari penjelasan-penjelasan dari ayat suci Alqur'an tentang kebesaran Tuhannya yang menciptakan seisi alam, baik yang ada dilangit maupun yang ada dibumi.

Ayat tersebut mengajarkan tentang pentingnya Ilmu pengetahuan sebagai salasatu fondasi utama dalam meningkatkan Iman dan takwa, dimana sumber utama dari penguatan ilmu pengetahuan adalah Alqur'an.

Tujuan Alqur'an diturunkan kepada manusia sebagai pedoman hidup menuju ketakwaan. Isi kandungan Alqur'an adalah sebuah penjelasan tentang kebesaran Allah SWT yang menciptakan dunia dan seisinya, termasuk Manusia dam makluk-makluk lainnya, serta sejarah perjalanan manusia mulai dari awal penciptaan Nabi Adam As, serta perilaku-perilaku makluk manusia dalam setiap masa.

Baca juga: Promo McDonalds Selasa 4 Mei 2021, Promo McDonalds Diskon 50% Khusus Pemesanan via GRABFOOD

Baca juga: Digugu dan Ditiru

Karena Itu Allah memberikan tekanan bahwa Alqur'an membawa kebenaran yang hakiki dari perjalanan seisi Alam baik yang ada dilangit maupun yang berada di bumi.
Seperti terjelaskan dalam surat Al.Baqarah ayat 2 yaitu "Sesungguhnya Kitab Alqur'an Itu tidak ada keraguan padanya Petunjuk bagi orang yang bertakwa" (QS.Albaqarah:2).

Alqur'an Diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah untuk disampaikan kepada Umat Manusia selama 23 tahun masa kenabian dan kerasulannya. Isi kandungan Alqur'an yang terdiri dari 30 Juz 114 Surat dan 6666 Ayat.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved