Breaking News:

Ramadan 2021

Mutiara Ramadan: 7 Keutamaan Makan Sahur Menurut Rasulullah

Berikut keutamaan dari sahur menurut Rasulullah yang harus kita pahami dan mengeri

Mutiara Ramadan: 7 Keutamaan Makan Sahur Menurut Rasulullah
ISTIMEWA
Mochammad Irfanuddin Alluqman

Oleh : Mochammad Irfanuddin Alluqman, Ketua Lembaga JQH (Jam'iyyah Quro' Wal Huffadz PWNU NTT)

POS-KUPANG.COM - Sahur tak cuma makan dan minum. Berikut keutamaan dari sahur menurut Rasulullah yang harus kita pahami dan mengeri. Mari kita simak bersama-sama agar ibadah puasa semakin berkualitas.

Pertama, Sahur Adalah Wujud Ketaatan Kita Kepada Yang Maha Kuasa. Menurut Rasulullah, sahur merupakan wujud ketaatan kita kepada Yang Maha Kuasa. Hal ini bahkan tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayah 187 yang memiliki arti: "Makanlah dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar."

Ayat ini secara tidak langsung menganjurkan kita semua untuk makan sebelum berpuasa. Jika telah tertulis demikian di dalam Al-Quran, artinya sahur bukanlah hal yang bisa kita sepelekan. Meski bukan merupakan ibadah, namun sahur memberikan suatu keutamaan bagi kita untuk menjalankan ibadah selama sehari penuh.

Baca juga: Prediksi Chelsea Vs Real Madrid Semifinal Liga Champions Rabu Dini Hari, El Real Bukan Lawan Berat?

Baca juga: Bela Sungkawa Gugurnya Personil KRI Nanggala 402, Bamsoet Minta Pemerintah EvaluasiSistemAlutsista

Kedua, Sahur Akan Membantu Kita Kuat Beribadah Puasa Selama Sehari Penuh
Poin inilah keutamaan dari sahur yang sering kita pahami sedari kecil. Sahur akan memberikan asupan tenaga yang cukup besar untuk kita gunakan selama sehari penuh. Terutama jika kita makan sahur dengan makanan yang tinggi protein. Energi dari protein akan mampu memberikan asupan tenaga selama sehari penuh.

Jika kita tidak makan sahur, tubuh akan terasa sangat lemah. Kita akan malas melakukan apa saja. Bahkan tidur menjadi aktivitas favorit yang bisa kita lakukan. Meski tidur orang puasa ibadah, namun alangkah baiknya kita melakukan aktivitas lain yang jauh lebih bermanfaat.

Ketiga, Membedakan Kita Dengan Umat Lain Yang Juga Mengamalkan Puasa
Rasulullah pernah bersabda, "Pembeda antara puasa kita (orang muslim) dengan puasanya Ahli Kitab (umat beragama lain) ialah makan sahur." Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim.

Baca juga: Memetik Hikmah Pasca Bencana Alam NTT

Baca juga: Hari Terakhir Promo Indomaret Selasa 27 April 2021,Frestea 1.5L Rp 12.500, Dancow Beli 2 Lebih Hemat

Semakin jelas jika sahur bukan sekedar makan dan minum. Sahur juga merupakan bagian suatu ibadah dalam hal ini puasa. Jika Rasulullah telah memberikan petunjuk, artinya kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan keutamaannya.

Keempat, Membuat Kita Bangun Pagi Sehingga Bisa Melaksanakan Tahajjud
Kita biasanya makan sahur sekitar pukul 3 pagi. Waktu itu adalah 1/3 malam terakhir yang sangat baik untuk Sholat Tahajjud. Dengan bangun untuk sahur kita bisa menjalankan ibadah sunah ini terlebih dahulu. Baru diikuti dengan makan sahur dan menunggu waktu subuh.

Kita biasanya cenderung malas bangun pagi buta untuk Sholat Tahajjud. Melalui momen sahur ini kita akan membiasakan diri bangun pagi untuk ibadah-ibadah yang sebelumnya jarang kita lakukan. Sahur benar-benar memberikan manfaat kepada kita secara langsung.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved