Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Minggu 25 April 221: Yesus Gembala Baik

Hari Minggu Paska IV dinamakan juga Hari Minggu Gembala Baik. Yesus Gembala Baik. Gembala yang menyerahkan nyawa bagi domba-domba-Nya.

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Minggu 25 April 221: Yesus Gembala Baik (Yoh 10:11-18)

Oleh : RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Hari Minggu Paska IV dinamakan juga Hari Minggu Gembala Baik. Yesus Gembala Baik. Gembala yang menyerahkan nyawa bagi domba-domba-Nya.

Hari ini juga Hari Minggu Panggilan. Kita bersyukur kepada Tuhan, karena Tuhan tetap memilih dari antara kita orang-orang yang menggembalakan umat dalam ketergantungan pada Sang Gembala Agung, Yesus Kristus. Mereka itu ialah Imam, Biarawan, Biarawati dan Rasul Awam.

Kita doakan mereka, supaya mereka tekun dan komitmen akan panggilan ikut Yesus seutuhnya. Kita berdoa supaya atas berkat Tuhan, keluarga-keluarga Katolik tetap jadi tanah yang subur untuk pertumbuhan dan perkembangan panggilan.

Rasul Petrus dan para rasul lainnya mewartakan Injil yakni kabar keselamatan yang berpusat dan bersumber pada diri dan karya Yesus sebagai Gembala dan Pintu bagi domba-domba. Maka dengan tegas Rasul Petrus berseru, "Hanya Yesuslah Sumber Keselamatan!" Kis 4:8-12.

Tanggapan atas pewartaan iman adalah pertobatan. Dengan bertobat, kita menyerahkan diri seutuhnya hanya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Kristus, demi keselamatan yang sesungguhnya. Dengan bertobat, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Tuhan, sehingga kita layak terima karunia Roh Kudus. Buah dan hasil dari pewartaan iman para rasul sungguh nyata, jumlah orang yang memberi dirinya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus dari waktu ke waktu terus bertambah.

Syukur dan pujilah Tuhan, kita ikut dan imani Yesus sebagai Gembala yang mempersatukan, menjaga, menuntun dan memelihara kita. Pesan permenungan hari ini ialah, "Siapkah kita ikut jejak Kristus menjadi 'gembala yang berbau domba' sebagaimana diserukan Paus Fransiskus?

Santo Damian de Veuster memberikan testimoni mengenai spiritualitas gembala yang sejati ketika masih menjadi seorang imam. Ketika seorang penderita kusta memberitahukan kepada Pater Damian supaya jangan mendekatinya, sebab akan dijangkiti kusta. Pater Damian menjawab, "Jika tubuhku hancur karena kusta, Tuhan akan memberikan aku satu tubuh baru yang jauh lebih cemerlang!"

Yesus, Pastor Bonus. Gembala yang memberi diri, total, full, bukan seperti orang sewaan, kontrakan, atau tenaga outsourcing. Yang mengenal dalam arti mencintai domba-dombanya, secara personal, pribadi. Yang tidak lari, menghindar, mencari keamanan pribadi tetapi yang berani memberikan hidup agar yang lain selamat. Yoh 10:11-18.

Pada setiap hari Minggu Panggilan, Paus Fransiskus mengajak kita untuk berupaya menjadi domba yang baik dan gembala yang baik bagi satu sama lain.

Tuhan Yesus, Dikaulah Sang Gembala Baik, kini dan sepanjang segala masa. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Ikuti artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved