Breaking News:

Ramadan 2021

Renungan Ramadhan: Hidupkan Ramadhan Dengan Qiyamullail

Semoga segala ujian yang dihadapi menjadi jalan untuk menaikkan derajat dan taqwa disisi Allah SWT. Mari menghidupkan ramadhan dengan beragam ibadah

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Dosen Ekonomi Syariah STAI Kupang, Hasanah Purnamasari, S.H.I, M.Ag 

POS KUPANG.COM-- Memperbanyak ibadah dibulan suci ramadhan adalah salah satu usaha umat Islam untuk mendapatkan ridho Allah swt, pengampunan, keberkahan dan pahala yang berlipat ganda. 

Salah satu diantaranya adalah Qiyamullail atau secara umum bermakna menghidupkan malam dengan ibadah-ibadah seperti sholat, tilawah qur’an dan berdzikir. 

Lebih khusus dikenal dengan sholat tahajud dimana merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Mereka yang menghidupkan malam dengan qiyamullail adalah ciri orang-orang yang bertaqwa. 

Dengan ketaqwaan itu Allah SWT menjamin syurga bagi mereka. 
Qiyamullail merupakan ibadah sunnah mu’akad yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’.

 Ibadah ini dapat dikerjakan minimal 2 raka’at dan tidak ada batasannya. Qiyamullail sudah ada sejak zaman sebelum Rasulullah SAW, sebagaimana sabdanya; “Laksanakan sholat malam karena sesungguhnya ia adalah tradisi/kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Ia pun mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR.Tirmidzi). 

Shalat tahajud dan shalat tarawih pada sebagian ulama disepakati sebagai kategori qiyamullail namun terdapat perbedaan diantara keduanya, yakni pada waktu pelaksanaan. Sholat tarawih dilaksanakan sebelum tidur dan hanya pada bulan ramadhan.

 Sedangkan sholat tahajud dilaksanakan setelah bangun tidur dan kapan saja selain waktu-waktu yang tidak diperbolehkan untuk mengerjakan sholat.

 Setelah salam pada sholat tahajud disunnahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istighfar dan diakhir dengan bacaan doa shalat tahajud.

Para pembaca Pos Kupang yang dirahmati Allah SWT, begitu banyak keutamaan qiyamullail yang sangat rugi untuk ditinggalkan terlebih pada bulan suci ramadhan ini. 

Qiyamullail diumpamakan seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia) dibanding dengan sedekah yang dilaksanakan secara terang-terangan didepan publik. 

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved