Breaking News:

Strategi Jitu Indonesia Bikin China Tak Berani Macam-macam di Laut Natuna, Prabowo Ungkap Taktik RI

Kapal penjaga pantai bersama kapal nelayan China pernah memasuki dilwyaha Laut Natuna Utara menduduki wilayah yang juga diklaim negeri Tirai Bambu itu

koarmada2.tnial.mil.id
Strategi Jitu Indonesia Bikin China Tak Berani Macam-macam di Laut Natuna, Prabowo Ungkap Taktik RI 

POS KUPANG.COM -- Kapal penjaga pantai bersama kapal nelayan China pernah memasuki dilwyaha Laut Natuna Utara menduduki wilayah yang juga diklaim negeri Tirai Bambu itu

Namun, Indonesia punyta strategi jitu yang memaksa China angkhirnya angkat kaki dari wilayah yang diklaim juga oleh China

Bahkan pemerintah China mengajak Indonesia untuk bekerjasama mengelola wilayah sengketa itu , namun Presiden Joko Widodo tegas menolak ajakan China dan menyebut tidak ada masalah Laut Natuna Utara dengan China .

Laut China Selatan saat ini memang tengah memanas apalagi setelah Tiongkok disebut-sebut gunakan tentara milisi untuk merebut wilayah-wilayah sengketa.

Tentara milisi China ini berasal dari para nelayan yang dikerahkan dalam jumlah banyak.

Salah satu negara yang dibuat naik pitam dengan kenekatan China untuk menduduki wilayah sengketa adalah Jepang dan Filipina.

Bahkan negara tetangga Indonesia, Filipina sampai mengecam serta mengirimkan pasukan tempur mereka ke wilayah tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Filipina menuduh China telah mengerahkan ratusan kapal “milisi” di Laut China Selatan.

Korps Penjaga pantai Filipina mendeteksi kapal-kapal itu dalam formasi barisan di Whitsun Reef yang berbentuk bumerang, sekitar 320 kilometer sebelah barat Pulau Palawan pada 7 Maret.

"Ini tindakan provokatif yang jelas untuk memiliterisasi wilayah tersebut. Ini wilayah dalam Zona Ekonomi Eksklusif Filipina," kata Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana dikutip dari AFP.

Halaman
123
Editor: Alfred Dama
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved