Breaking News:

Jumat Agung, Umat Paroki Katedral Kristus Raja Kupang Tidak Kecup Salib

Memperingati hari kematian Yesus di salib dalam ibadat jalan salib Jumat Agung (02/04/2021) umat Paroki Katedral Kristus Raja Kupang

POS-KUPANG.COM/ELLA UZU RASI
Ibadat Jumat Agung Paroki Katedral Kristus Raja Kupang 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Memperingati hari kematian Yesus di salib dalam ibadat jalan salib Jumat Agung (02/04/2021) umat Paroki Katedral Kristus Raja Kupang memberi penghormatan kepada salib dengan cara yang berbeda.

Jika tahun - tahun sebelumnya, prosesi penghormatan kepada salib Yesus dilakukan dengan cara mengecup kaki Yesus yang terpaku pada salib, kali ini umat cukup berlutut dan memberi hormat dari jarak dekat.

Nyanyian dalam ibadat juga dikurangi. Tidak semua lagu dinyanyikan dalam ibadat tersebut.

Proses dalam ibadat Jumat Agung yang biasa dilakukan dalam waktu yang lama juga dipersingkat sehingga ibadat tidak memakan waktu lama seperti seharusnya.

Baca juga: Suasana Ibadah Jumat Agung di Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Yuk Simak

Baca juga: Misa Jumat Agung di Stasi St. Markus Kaniti, THS-THM Bantu Amankan Jalannya Perayaan

Romo Dion Manikin dalam khotbahnya mengatakan, salib bagi orang percaya adalah kekuatan.

"Bagi kita yang diselamatkan, salib itu adalah kekuatan, salib itu adalah rahmat sedangkan salib yang dipasang pada tembok adalah kiasan. Salib bagi kita orang percaya itulah kekuatan," katanya.

Salah satu umat Paroki Katedral Kristus Raja Kupang, Monika Lawa mengatakan, meskipun ibadat dilakukan dengan cara yang baru, dia tetap senang karena akhirnya bisa kembali ke gereja dan merayakan Paskah.

"Kita umat juga rindu selama ini kita beribadah secara online saja. Sekarang sudah bisa masuk ke dalam gereja, kita ibadat dalam gereja, begini saja sudah senang," ungkapnya senang.

Baca juga: Ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Kristus Raja ,  Ritual Cium Salib Diganti Penghormatan Salib  

"Biar kita tidak cium salib, kita hanya hormat saja juga tidak apa - apa. Ini beda dengan kita hormat di layar kalau ikut secara online seperti kali lalu," lanjutnya.

Di dalam dan di luar gereja tampak beberapa petugas dari kepolisian dan TNI berjaga untuk mengantisipasi kejadian - kejadian yang tidak diinginkan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi)

Berita Jumat Agung 2021

Penulis: Michaella Uzurasi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved